May 18, 2024

8 Alasan Mengapa Golang Jadi Pilihan Utama Para Developer Top Dunia!

Golang, atau yang lebih dikenal dengan Go, adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 dan dirilis ke publik pada tahun 2009. Dalam waktu yang singkat, Go telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati dan banyak digunakan oleh developer di seluruh dunia. Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk belajar Golang:

  1. Performa Tinggi: Bahasa pemrograman interpretatif Go memiliki kecepatan eksekusi yang luar biasa, yang berarti aplikasi yang ditulis dalam bahasa ini akan berjalan lebih cepat daripada bahasa pemrograman kompilasi lainnya.
  2. Konkurensi Bawaan: Salah satu ciri khas Go adalah dukungan kompetitif yang kuat. Dengan menggunakan goroutine dan channel, Go memudahkan pembuatan aplikasi yang dapat melakukan banyak tugas secara bersamaan.
  3. Standard Library yang Kuat: Sebagian besar alat yang diperlukan untuk membuat aplikasi modern tersedia dalam pustaka standar Go yang luas dan komprehensif.
  4. Kejelasan dan Kesederhanaan: Filosofi Go yang menekankan kode yang bersih dan mudah dibaca membantu pengembang memahami dan mengubah kode, meningkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan.
  5. Dukungan Komunitas yang Kuat: Dunia Go sangat aktif, dan banyak sumber daya, seperti pustaka, alat, dan tutorial, tersedia untuk developer untuk membantu memahami dan memaksimalkan penggunaan game.
  6. Portabilitas: Aplikasi yang ditulis dalam Go dapat digunakan ke berbagai platform dan sistem operasi tanpa melakukan perubahan yang signifikan.
  7. Dukungan dari Perusahaan Besar: Beberapa perusahaan teknologi besar, seperti Google, Dropbox, dan Uber, mendukung Go dan memastikan bahwa bahasa ini akan terus berkembang.
  8. Ketersediaan Pekerjaan: Semakin banyak perusahaan yang mengadopsi Go, semakin banyak juga permintaan untuk developer Go. Mempelajari Go dapat membuka banyak peluang kerja di perusahaan teknologi terkemuka.

Singkatnya, Golang adalah bahasa pemrograman yang menawarkan kombinasi luar biasa dari kecepatan, efisiensi, dan kesederhanaan. Memahami dan menguasai Go bisa menjadi aset berharga bagi mereka yang ingin tetap relevan di industri teknologi yang terus berubah. Anda akan memiliki keunggulan di masa mendatang dengan belajar Go sekarang.

Rajo Intan

Blogger, pemiliki Onestring Lab, menulis artikel terkait teknologi informasi dan pendidikan. Web Developer, berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem informasi. Kerjasama kontak di onestringlab@gmail.com atau https://forms.gle/xAGKkpi6B3BzJyzk7

View all posts by Rajo Intan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock