May 18, 2024

Apple Siap Tingkatkan Siri dengan AI Baru

Di tengah era digital yang semakin canggih, banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produk dan layanan mereka. Salah satunya adalah alat kecerdasan buatan generatif seperti ChatGPT yang telah mendominasi percakapan di dunia teknologi. Namun, hingga saat ini, Apple tampaknya masih berada di belakang persaingan.

Menurut sumber terbaru, hal tersebut akan segera berubah. Laporan yang dibocorkan menyebutkan bahwa Apple sedang mempersiapkan peluncuran AI miliknya yang dikenal dengan nama “Apple GPT”. Kabarnya, teknologi ini tidak hanya akan terintegrasi pada satu atau dua produk, melainkan pada sejumlah besar produk dan layanan Apple.

Informasi ini pertama kali dibagikan oleh Mark Gurman, seorang reporter dengan rekam jejak yang impresif dalam membocorkan informasi seputar Apple. Menurut Gurman, eksekutif Apple sendiri tampaknya terkejut dengan perkembangan pesat AI di industri teknologi. Mereka sadar bahwa Apple perlu bergerak cepat untuk tidak tertinggal lebih jauh lagi.

Sebagai langkah awal, Apple dikabarkan akan fokus memperkuat Siri. Sebagai asisten virtual, Siri sebenarnya memiliki potensi besar. Namun, dibandingkan dengan pesaingnya seperti Google Assistant atau Amazon Alexa, Siri tampak kalah canggih. Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan Apple GPT, Apple berharap Siri bisa menjadi lebih responsif, cerdas, dan mampu menghasilkan konten atau respons yang lebih beragam.

Selain Siri, berbagai aplikasi lainnya seperti Pages, Keynote, Apple Music, dan Xcode juga akan mendapatkan sentuhan AI. Bayangkan saja, dengan kecerdasan buatan, pengguna bisa mendapatkan rekomendasi daftar putar musik yang lebih personal, atau bahkan presentasi yang otomatis disusun oleh AI berdasarkan topik yang diinginkan.

Yang paling menarik adalah potensi integrasi AI pada sistem operasi Apple, khususnya iOS 18. Fitur baru diharapkan mampu memperkaya pengalaman pengguna, seperti kemampuan Siri dan aplikasi Messages untuk menjawab pertanyaan dengan lebih akurat dan melengkapi kalimat yang dimulai oleh pengguna.

Kehadiran Apple GPT, jika benar-benar diluncurkan, tentunya akan menjadi revolusi besar bagi ekosistem Apple. Namun, pertanyaan besar yang muncul adalah: Apakah Apple GPT mampu bersaing dengan teknologi AI generatif lain yang sudah lebih dulu ada di pasaran? Hanya waktu yang akan menjawab.

Rajo Intan

Blogger, pemiliki Onestring Lab, menulis artikel terkait teknologi informasi dan pendidikan. Web Developer, berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem informasi. Kerjasama kontak di onestringlab@gmail.com atau https://forms.gle/xAGKkpi6B3BzJyzk7

View all posts by Rajo Intan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock