July 20, 2024

Pengurutan Waktu Efektif dengan Bahasa C

Rumah nenek Fania penuh dengan barang antik. Jam dinding tua yang selalu tepat waktu adalah salah satu barang paling berharga. Tetapi suatu hari jam itu tiba-tiba menghilang, membuat Nenek sedih. Fania, yang terkenal cerdas dan bersemangat, memutuskan untuk menyelesaikan misteri hilangnya jam tersebut dengan mulai mengumpulkan informasi: dia menanyakan apa yang dilakukan anggota keluarganya saat jam itu hilang dan mencatat detailnya dalam bukunya.

Fania menemukan bahwa dia dapat membantu menyelesaikan misteri ini dengan pemrograman setelah mendapatkan cukup informasi. Untuk mengatur ulang catatannya berdasarkan waktu kejadian yang mereka sebutkan, dia memilih untuk menulis program sederhana dalam Bahasa C. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi urutan kejadian dan mengidentifikasi kesamaan atau kesalahan dalam kesaksian saksi.

Fania menulis kode berikut:

#include <stdio.h>
#include <string.h>

void urutkanBerdasarkanWaktu(char kejadian[][50], int n) {
    char temp[50];
    for (int i = 0; i < n - 1; i++) {
        for (int j = i + 1; j < n; j++) {
            if (strcmp(kejadian[i], kejadian[j]) > 0) {
                strcpy(temp, kejadian[i]);
                strcpy(kejadian[i], kejadian[j]);
                strcpy(kejadian[j], temp);
            }
        }
    }
}

int main() {
    char kejadian[5][50] = {
        "09:00 - Nenek di dapur",
        "09:15 - Paman datang",
        "09:05 - Sepupu bermain di halaman",
        "09:10 - Anjing menyalak",
        "09:20 - Jam ditemukan hilang"
    };
    int n = 5;

    urutkanBerdasarkanWaktu(kejadian, n);

    printf("Urutan Kejadian:\n");
    for (int i = 0; i < n; i++) {
        printf("%s\n", kejadian[i]);
    }
    return 0;
}

Fania berhasil mengatur ulang kesaksian berdasarkan urutan waktu dengan program ini. Dengan demikian, dia lebih mudah menemukan bahwa paman adalah orang terakhir yang terlihat di dekat jam sebelum jam itu dilaporkan hilang. Setelah perselisihan kecil, paman secara tidak sengaja membawa jam ke ruangan lain dan lupa memberi tahu siapa pun.

Mistik jam yang hilang akhirnya terungkap, dan Nenek senang memiliki jam kesayangannya kembali. Kisah ini menunjukkan bagaimana kemampuan pemrograman dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang sistematis dan efisien dalam situasi sehari-hari.

Penjelasan Program

Fungsi urutkanBerdasarkanWaktu menggunakan algoritma pengurutan bubble sort untuk mengatur ulang array string berdasarkan waktu. Algoritma ini membandingkan setiap string dengan string berikutnya dan menukarnya jika tidak dalam urutan yang benar. Pengurutan dilakukan berdasarkan perbandingan lexicographical waktu dalam string, menggunakan fungsi strcmp. Ini menghasilkan array yang diurutkan berdasarkan urutan waktu dari masing-masing kejadian.

Ingin tahu cerita lain tentang Fania? Klik disini untuk kisah lainnya

Rajo Intan

Blogger, pemiliki Onestring Lab, menulis artikel terkait teknologi informasi dan pendidikan. Web Developer, berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem informasi. Kerjasama kontak di onestringlab@gmail.com atau https://forms.gle/xAGKkpi6B3BzJyzk7

View all posts by Rajo Intan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO