May 21, 2022
Photo by Danny Meneses from Pexels

Membeli Laptop? Baca Ini Sebelum Melakukannya!

Pada saat ini membeli laptop sudahlah menjadi keharusan bagi setiap orang, baik untuk seorang pekerja, mahasiswa atau pelajar. Penggunaan atau fungsi laptop pun bervariasi dari untuk keperluan pekerjaan, perkuliahan, sekolah sampai keperluan hiburan seperti entertaiment dan main game. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop agar perangkat yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Berikut akan dibahas mengenai 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop di tahun 2022.

1. Membeli Laptop Baru atau Bekas?

Pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh para calon pembeli laptop. Apakah membeli laptop yang baru atau membeli laptop bekas? Atau pertanyaan lainnya, beli laptop baru dengan teknologi terkini atau laptop baru tapi keluaran 1 tahun atau 2 tahun yang lalu? Tanpa harus membuang waktu lebih lama lagi maka jawabannya adalah membeli laptop baru dengan teknologi terbaru. Hal artinya tidak hanya membeli laptop baru namun juga membeli seri terbaru dari jenis tersebut. Tahanlah diri Anda sebentar, menabung sedikit lagi untuk mendapatkannya.

Membeli laptop baru dengan teknologi terkini
Membeli laptop baru dengan teknologi terkini

2. Laptop dapat dilakukan upgrade sendiri

Kemampuan laptop untuk dapat di upgrade seperti RAM atau media merupakan hal perlu dipertanyakan oleh calon pembeli kepada penjual. Hal ini dikarenakan saat ini tidak semua laptop dapat dilakukan upgrade. Setelah mengetahui laptop dapat dilakukan upgrade maka sesuatu yang mesti dipertanyakan lagi adalah apakah proses tersebut dapat dilakukan sendiri atau harus dilakukan di jasa layanan merk laptop tersebut. Melakukan upgrade laptop sendiri dapat menghemat biaya dan memberikan keleluasaan saat memilih produk yang akan dipasang di laptop.

3. Windows PC VS Mac PC

Untuk calon pembeli yang memiliki anggaran pembelian laptop di atas 15 juta, hal ini mungkin menjadi pertimbangan dalam membeli laptop. Faktor ini menjadi pertimbangan untuk orang yang biasanya belum menggunakan Macbook sebelumnya. Bagi yang sudah menggunakan sebelumnya tentu hal ini tidak menjadi pertimbangan, biasanya mereka memang sudah terbiasa ketergantungan dengan lingkungan Apple dan dapat pastikan mereka akan membeli produk Apple. Namun, untuk pengguna laptop baru atau yang berniat pindah sistem operasi hal ini menjadi pertimbangan yang cukup alot.

Pertimbangan utama dalam hal ini adalah perhatikan aplikasi yang akan digunakan. Apakah aplikasi tersebut ada dan sudah kompatibel dengan Macbook terutama untuk varian M1. Jika hal ini tidak ada permasalan yang berarti maka beralih atau membeli Macbook bisa menjadi pilihan. Namun, jika masih ada aplikasi yang akan digunakan tidak kompatibel dan menimbulkan masalah maka sebaiknya tetap memilih laptop berbasis Windows.

Membeli laptop Macbook
Membeli laptop Macbook

4. Spesifikasi laptop yang diperlukan

Secara umum terbagi 2 tipe pengguna komputer yaitu tipe pengguna standar dan pemagin game atau editor video. Pengguna standar adalah tipe pengguna yang hanya menggunakan aplikasi standar seperti keluarga MIcrosoft Office, menonton Netflix dan Youtube, melakukan edit grafik menggunakan Canva ataupun bermain game ringan. Tipe pengguna ini disarankan setidaknya memilih speksifikasi komputer sebagai berikut :

  • Processor : Intel i5 atau i7 Ggenerasi ke-11 atau AMD Ryzen 5000 R5/R7
  • RAM : 8/16GB
  • Storage : 265/512 GB SSD

Tipe pengguna kedua yaitu pemain game atau editor video. Para gamer dan editor video memerlukan spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor : Intel i5 atau i7 Ggenerasi ke-11 atau AMD Ryzen 5000 R5/R7
  • RAM: 16GB
  • Storage : 1/2 TB SSD
  • VGA : RTX 3050, 3050TI atau 3060
  • Refresh Screen : 144hz

Spesifikasi diatas biasa juga digunakan oleh para pekerja di bidang data science.

5. Coba sebelum membeli laptop

Hal ini sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Tentu saja dana yang dikeluarkan berjuta-juta jangan sampai terbuang sia-sia. Pergilah ke toko komputer kemudian cobalah keyboard dan touchpad yang dimiliki laptop tersebut. Keyboard dan touchpad merupakan bagian yang akan paling sering digunakan sehingga untuk kedua bagian ini harus dipastikan nyaman saat penggunaan.

Kesimpulan

Perangkat laptop merupakan alat yang akan digunakan dalam waktu yang lama, kira-kira 5 tahun kedepan atau bahkan sampai 10 tahun kedepan. Mengeluarkan dana yang sedikit besar untuk mendapatkan perangkat yang akan digunakan dalam kurun waktu tersebut bukanlah suatu pemborosan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah kebutuhan penggunaan dan spesifikasi laptop haruslah sesuai.

Rajo Intan

Blogger, pemiliki Onestring Lab, menulis artikel terkait teknologi informasi dan pendidikan. Web Developer, berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem informasi. Kerjasama kontak di onestringlab@gmail.com atau https://forms.gle/xAGKkpi6B3BzJyzk7

View all posts by Rajo Intan →
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.