Pengulangan

Posted At: 26 Jun 2020 14:12:00

Pengulangan(looping) adalah suatu bagian yang bertugas melakukan kegiatan mengulang suatu proses sesuai dengan yang diinginkan. Banyak dari aplikasi perangkat lunak yang melakukan pekerjaan berulang sampai sebuah kondisi yang diinginkan, oleh karena itu pengulangan merupakan bagian yang penting dalam pemrograman karena dengan adanya pengulangan pembuat program tidak perlu menulis kode program sebanyak pengulangan yang diinginkan.

Pengulangan mempunyai beberapa bagian yang harus dipenuhi yaitu :

  • Inisialisasi adalah tahap persiapan membuat kondisi awal sel melakukan pengulangan, misalnya mengisi variabel dengan nilai awal. Tahap ini dilakukan sebelum memasuki bagian pengulangan.
  • Proses terjadi di dalam bagian pengulangan dimana berisi semua proses yang perlu dilakukan secara berulang-ulang.
  • .Iterasi terjadi di dalam pengulangan di mana merupakan kondisi pertambahan agar pengulangan dapat terus berjalan.
  • Terminasi adalah kondisi berhenti dari pengulangan, kondisi berhenti sangat penting dalam pengulangan agar pengulangan dapat berhenti, tidak menjadi pengulangan yang tanpa henti. Kondisi pengulangan adalah kondisi yang dipenuhi oleh kondisi jalannya algoritma untuk masuk ke dalam blok pengulangan.

Pengulangan merupakan salah satu inti dari analisis kasus pada pembuatan algoritma, sebuah kasus harus dipikirkan penyelesaiannya dengan pemikiran ada proses atau aksi yang harus dikerjakan secara berulang agar sebuah kasus terselesaikan.

Pengulangan "for"

Struktur pengulangan for biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah pengulangannya. Dari segi penulisannya, struktur pengulangan for tampaknya lebih efisien karena susunannya lebih simpel dan sederhana. Bentuk umum pengulangan for adalah sebagai berikut :

for(Inisialisasi; Terminasi; Iterasi){
Proses;
}

Contoh Kode Program Menampilkan Tulisan

/* Program perulangan menggunakan for */
#include "stdio.h"
main(){
int x;
    for(x=1; x<=10; x++){
        printf("%d. Belajar Pengulangan for\n", x);
    }
}

Contoh Program Menampilkan Bilangan Ganjil:

/* Program Menampilkan Bilangan Ganjil 1-10 */
#include "stdio.h"
main(){
int x;
    for(x=1;x<=10;x++){
        if(x%2==1){
            printf("%d ", x);
        }
    }
}

Pengulangan “while”

Pada pengulangan while, pengecekan terhadap pengulangan dilakukan di bagian awal (sebelum tubuh loop). Lebih jelasnya, bentuk struktur pengulangan while adalah sebagai berikut

Inisialisasi
while(Terminasi){
Proses
Iterasi
}

Contoh Program Menampilkan Tulisan:

/* Program perulangan menggunakan for */
#include "stdio.h"
main(){
int x;
    x=1;
    while(x<=10){
        printf("%d. Belajar Pengulangan While\n", x);
        x++;
    }
}

Contoh Program Menampilkan Bilangan Genap:

/* Program Menampilkan Bilangan Genap 1-10 */
#include "stdio.h"
main(){
int x;
    x=1;
    while(x<=100){
        if(x%2!=1){
            printf("%d ", x);
        }
        x++;
    }
}

Latihan

  1. Gunakan pengulangan for untuk menghitung bilangan triangular dari masukan pengguna yang dibaca dari keyboard dengan menggunakan scanfO. Bilangan triangular adalah penjumlahan dari bilangan masukan dengan seluruh bilangan sebelumnya, sehingga bilangan triangular dari 5 adalah : 5 + 4 + 3 + 2 + 1 = 15
  2. Gunakan pengulangan for untuk menghitung jumlah seluruh bilangan diantara 2 bilangan. Kedua bilangan dimasukan dari keyboard. Misalkan bilangan pertama = 2 dan bilangan kedua = 6. Maka akan keluar hasil 2+3+4+5+6 = 20
  3. Gunakan pengulangan while untuk menghitung faktorial dari masukan pengguna yang dibaca dari keyboard dengan menggunakan scanfO. Cara menghitung faktorial adalah perkalian dari bilangan masukan dengan seluruh bilangan sebelumnya, sehingga faktorial dari 6adalah : 6 * 5 * 4 * 3 * 2 * 1 = 720
  4. Gunakan pengulangan while untuk menampilkan deret bilangan yang habis terbagi 3 diantara 2 bilangan.Kedua bilangan dimasukan dari keyboard. Misalkan bilangan pertama = 10 dan bilangan kedua = 20. Maka akan keluar hasil 12 15 18.


Yulrio Brianorman
Blogger, pemiliki Onestring Lab, menulis artikel terkait teknologi informasi dan pendidikan. Web Developer, berpengalaman lebih dari 20 tahun mengembangkan berbagai aplikasi dan sistem informasi. Kerjasama : kontak saya.