Library Turtle adalah cara populer untuk memperkenalkan pemrograman kepada anak-anak. Itu adalah bagian dari bahasa pemrograman Logo yang dikembangkan oleh Wally Feurzeig, Seymour Papert dan Cynthia Solomon pada tahun 1967. Terkait dokumentasi lengkap dari library Turtle dapat dilihat di sini.
Bayangkan kura-kura robot mulai dari (0, 0) di bidang xy. Setelah import turtle, berikan perintah turtle.forward(15), dan itu bergerak (di layar!) 15 piksel ke arah yang dihadapinya, menggambar garis saat bergerak. Berikan perintah turtle.right(25), dan itu berputar di tempat 25 derajat searah jarum jam.
Pada artikel ini akan ditulis sebuah program untuk membuat sebuah lingkrang warna-warni. Bila Anda belum mengetahui konsep dasar dari bahasa pemrograman Python silahkan kunjungin artikel Konsep Dasar Python
Lingkaran Warna-warni dengan library Turtle
import turtle
color = ['yellow','red','green','orange','blue','white']
screen = turtle.Screen()
screen.bgcolor('black')
t = turtle.Turtle()
t.speed(30)
for i in range(120):
t.color(color[i%6])
t.width(i/5+1)
t.forward(i)
t.left(20)
turtle.Screen().exitonclick()
Lakukan modifikasi pada variable color untuk mendapatkan warna-warna yang berbeda.
Keluaran Program
Untuk artikel lain terkait dengan pemrograman Python silahkan lihat kumpulan artikelnya disini.