Pada artikel ini akan dibahas membuat karakter game Among Us. Karakter akan dibuat menggunakan pustaka Turtle pada Python. Bila Anda belum mengetahui konsep dasar dari bahasa pemrograman Python silahkan kunjungin artikel Konsep Dasar Python
Import pustaka dan deklarasi variabel
import turtle
WARNA_BADAN = 'red'
WARNA_KACAMATA = 'skyblue'
s = turtle.getscreen()
t = turtle.Turtle()
Badan
Berikut ini merupakan fungsi untuk membuat badan dari karakter.
# fungsi untuk menggambar badan
def badan():
t.pensize(20)
t.fillcolor(WARNA_BADAN)
t.begin_fill()
t.right(90)
t.forward(50)
t.right(180)
t.circle(40, -180)
t.right(180)
t.forward(200)
t.right(180)
t.circle(100, -180)
t.backward(20)
t.left(15)
t.circle(500, -20)
t.backward(20)
t.circle(40, -180)
t.left(7)
t.backward(50)
t.up()
t.left(90)
t.forward(10)
t.right(90)
t.down()
t.right(240)
t.circle(50, -70)
t.end_fill()
Kacamata
Berikut ini merupakan fungsi untuk membuat kacamata dari karakter.
# fungsi untuk menggambar kacamata
def kacamata():
t.up()
t.right(230)
t.forward(100)
t.left(90)
t.forward(20)
t.right(90)
t.down()
t.fillcolor(WARNA_KACAMATA)
t.begin_fill()
t.right(150)
t.circle(90, -55)
t.right(180)
t.forward(1)
t.right(180)
t.circle(10, -65)
t.right(180)
t.forward(110)
t.right(180)
t.circle(50, -190)
t.right(170)
t.forward(80)
t.right(180)
t.circle(45, -30)
t.end_fill()
Tas
Berikut ini merupakan fungsi untuk membuat tas dari karakter.
# fungsi untuk menggambar tas
def tas():
t.up()
t.right(60)
t.forward(100)
t.right(90)
t.forward(75)
t.fillcolor(WARNA_BADAN)
t.begin_fill()
t.down()
t.forward(30)
t.right(255)
t.circle(300, -30)
t.right(260)
t.forward(30)
t.end_fill()
Memanggil fungsi yang telah di buat
badan()
kacamata()
tas()
t.screen.exitonclick()
Keluaran
Keluaran dari program diatas secara keseluruhan tampak seperti pada gambar di bawah ini. Buatlah karakter dengan warna yang lain.
Untuk artikel lain terkait dengan pemrograman Python silahkan lihat kumpulan artikelnya disini.