Ternyata Harus Seperti Ini Agar Punya Website Yang Aman

Saat ini website sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi sebuah perusahaan. Agar dapat dikenal oleh khalayak ramai, sebuah perusahaan harus memperkenalkan dirinya melalui website yang dapat diakses melalui internet. Selain perusahaan, website saat ini juga biasa dimiliki oleh perorangan. Para pemilik website perorangan menggunakan website mulai dari sekedar untuk eksis di dunia maya hingga digarap serius untuk mendapatkan pemasukan dari internet.

Memiliki sebuah website saat ini bukanlah hal sulit, tidak seperti di awal tahun 2000an ketika internet baru mulai dikenal dan tarif mengaksesnya pun mahal. Masa itu website di internet umumnya menyediakan layanan portal berita dan email gratis, seperti Yahoo misalnya. Belakangan ini, banyak layanan Yahoo ditutup, padahal masa itu Yahoo merupakan raksasa internet, hampir semua orang memiliki akun email Yahoo, membaca berita terbaru di portalnya dan bercakap-cakap dengan rekan kerja dan sahabat lewat fitur Yahoo Messenger. Berbeda dengan website masa kini yang pada umumnya menyediakan layanan jasa media sosial dan belanja daring, dua hal yang menjadi minat utama pengguna internet.

Keamanan Data Website

Isi website yang menarik dan bermanfaat untuk para pengunjung jelas penting. Tapi ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh para pemilik website, yakni keamanan data website itu sendiri. Data harus aman dari pencurian, kemungkinan berubah tiba-tiba atau malah hilang. Serangan yang dapat terjadi pada sebuah website diantaranya adalah spam (kiriman email sampah), malware (virus), phishing (pencurian data), SQL Injection (serangan dengan mengunakan kode SQL), Denial of Service (membanjiri website dengan permintaan) dan lain-lain.

Dalam konsep keamanan ada yang dikenal dengan istilah CIA. Apa itu CIA? CIA adalah kependekan dari Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Akurasi) dan Availability (Ketersediaan). Rahasia artinya data memiliki aturan siapa saja yang berhak mengakses data tersebut. Akurat artinya data yang tersedia dijamin dapat dipercaya. Tersedia artinya data dapat di akses oleh pengguna yang memang berhak mengakses.

Pengguna akan enggan mengakses sebuah website jika tidak bisa menjamin ketiga hal tersebut. Dennan banyaknya jumlah dan jenis website saat ini di internet jadi pengguna pun sangat mudah beralih dari satu website ke website yang lain jika merasa tidak aman dan nyaman.



Hal-hal yang Harus Diperhatikan agar Website Aman

Aman dan nyaman itu penting. Oleh karena itu diperlukan kehatian-hatian dalam memilih tempat hosting. Hosting merupakan tempat diletakkannya data, domain dan program atau CMS yang digunakan oleh website. Lantas, bagaimana cara memilih tempat hosting website yang tepat?

Jaminan Uptime

Mengacu pada konsep keamanan CIA, khususnya availability (ketersediaan), maka jaminan uptime harus menjadi perhatian. Uptime merupakan jaminan rasio hidup server dalam bentuk presentase. Semakin tinggi presentasenya maka semakin baguslah jaminan layanan yang diberikan sebuah jasa hosting. Jika presentase uptime yang dimiliki sebuah jasa hosting rendah maka itu artinya web server sering mati, akibatnya website tidak bisa diakses oleh pengunjung. Jasa hosting Dewaweb menjamin uptime sempurna 100% sehingga merupakan pilihan yang sangat tepat untuk hal ini.

Layanan SSL Certificate

Apa itu SSL? SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer namun biasa juga disebut dengan istilah Transport Secure Layer (TSL). Fungsi dari SSL adalah membuat sambungan yang aman atau terenkripsi antara web server dengan browser pengunjung. Dengan pengamanan SSL maka data yang dikirim tidak bisa dicuri saat proses pengiriman berlangsung. Data sensitif yang rentan untuk dicuri misalkan username, password atau nomor kartu kredit.

Penggunaan SSL pada website dapat meningkatkan kepercayaan para pengunjung untuk melakukan transaksi melalui website tersebut. Bahkan saat ini Google memberikan ranking SEO yang lebih baik untuk website yang menggunakan SSL dibandingkan dengan website yang tidak menggunakan SSL. Hal ini dapat meningkatkan citra perusahaan yang memiliki website tersebut di mata para pengunjung.

Dewaweb selaku jasa hosting yang sangat memperhatikan keamanan website juga menyediakan layanan SSL untuk para pelanggannya. Keuntungan menggunakan SSL Certificate pada Dewaweb di antaranya adalah :

  • 25-Days Money Back Guarantee
  • Legendary Ninja Support 24/7
  • Save Up to 72% OFF
  • SSL Grade “A” Guarantee
  • Trust and Reputation

Selain menyediakan keamanan website dengan SSL, Dewaweb juga menyediakan keamanan website berupa Imunify360 AI Security yang bertugas mendektesi serangan cyber terbaru, Patchman Auto Patching yang bertugas menambal celah-celah keamanan untuk CMS seperti WordPress, Drupal dan Joomla, MailChannels Cloud SMTP Relay merupakan fitur untuk memblokir email yang berisi spam dan virus atau malware dan ISO27001 Certified yang menandakan Dewaweb telah memenuhi standar prosedur keamanan teknologi informasi kelas dunia.

Fitur Backup Data

Segala sesuatu yang telah dijaga baik-baik tetap saja tidak menutupi kemungkinan terjadi hal-hal tidak diinginkan terjadi. Misalnya, harddisk mengalami bad sector atau database rusak (corrupt). Melakukan backup data merupakan cara untuk mengatasi jika hal-hal tersebut terjadi. Dewaweb menyediakan layanan backup data otomatis setiap hari dan diarsip sampai 2 minggu ke belakang. Ketika data tersebut diperlukan maka pengguna tinggal mengklik icon “Time Machine Backup” di cPanel untuk pilihan restore. Fitur backup data ini merupakan salah satu faktor dalam menentukan jasa hosting yang akan digunakan.

Layanan Gangguan 24/7

Terkadang para penyewa hosting tidak memiliki kemampuan yang baik dalam hal permasalahan teknis, padahal gangguan teknis bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu layanan atas masalah teknis pada website sangatlah diperlukan para penyewa hosting. Penyedia jasa hosting harus siap membantu kapan saja, 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam sepekan. Nyatanya banyak penyedia jasa hosting yang hanya menyediakan layanan gangguan hanya pada jam dan hari kerja. Penyedia jasa hosting seperti itu sebaiknya dihindari karena tidak menutup kemungkinan permasalahan yang terjadi di luar jam kerja atau pada saat akhir pekan. Untuk layanan gangguan ini Dewaweb menyediakan layanan paripurna yang ditanggani oleh para ninja yang ahli di bidangnya sepanjang 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam sepekan. Layanan tersebut dapat diperoleh melalui helpdesk, live chat dan telepon, sesuai preferensi masing-masing orang. Semua layanan itu bisa didapat secara gratis!



Selain permasalahan keamanan website maka ada beberapa hal lagi yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jasa hosting, di antaranya yaitu :

Produk yang Variatif

Mungkin pada tahap awal pada pembuatan sebuah website para pengguna jasa hosting hanya memerlukan layanan hosting yang berkapasitas atau speksifikasi rendah. Namun seiring dengan perkembangan bisnis yang dilakukan, membesarnya data yang disimpan dan meningkatnya jumlah pengunjung maka kapasitas dan speksifikasi server yang dibutuhkan juga akan meningkat. Produk layanan hosting di Dewaweb sangatlah variatif dari cloud hosting untuk keperluan sebuah blog sampai dengan cloud hosting untuk keperluan website portal berita atau e-commerce dengan trafik pengunjung yang tinggi. Selain cloud hosting, Dewaweb menyediakan juga Cloud VPS dengan harga terjangkau.

Harga Yang Kompetitif

Selain layanan lengkap dan mumpuni, pertimbangan pemilihan sebuah jasa hosting tentulah harga yang bersaing atau adanya harga promosi secara berkala. Harga yang kompetitif dan harga promosi secara berkala sudah merupakan komitmen Dewaweb dalam memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Saat ini Dewaweb menjamin bahwa memiliki layanan hosting murah, domain murah bahkan domain gratis untuk para personal blogger atau pemilik website bisnis. Tak cuma itu, untuk menjamin layanan terbaik Dewaweb memberikan garansi uang kembali selama 90 hari.

Kesimpulan

Dari pemaparan yang telah diuraikan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa yang harus diperhatikan dalam memilih layanan jasa hosting adalah:

  1. Jaminan Uptime
  2. Layanan SSL Certificate
  3. Fitur Backup Data
  4. Layanan Gangguan 24/7
  5. Produk Yang Variatif
  6. Harga Yang Kompetitif

Bijaklah dalam memilih. Semangat!

Hosting Cloud Dewa Web, Murah, Handal

3 Comments on Ternyata Harus Seperti Ini Agar Punya Website Yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*