Perbedaan antara Shared Hosting, VPS Hosting dan Dedicated Hosting

Pada tulisan ini akan dibahas mengenai perbedaan antara Shared Hosting, VPS Hosting dan Dedicated Hosting. Agar lebih mudah akan dianalogikan seperti menyewa rumah dengan berbagai tipe.

Shared Hosting

Shared Hosting ini bisa dianalogikan Anda menyewa sebuah apartemen bersama 2 orang lainnya, sehingga total penghuni apartemen menjadi 3 orang. Misalkan apartemen yang disewa memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur dan 1 ruang tamu. Semua yang tinggal di apartemen tersebut harus membagi sumber daya atau fasilitas yang dimiliki. Pemakaian fasilitas seperti kamar mandi dan dapur harus dilakukan secara bergantian. Penghuni apartemen hanya memiliki wilayah pribadi yaitu kamar tidur, sedangkan ruang tamu dapat digunakan bersama-sama.

Selain berbagi fasilitas didalam apartemen, mereka juga berbagi fasilitas dari gedung apartemen seperti kolam renang, lahan parkir dan tempat bermain dengan penghuni apartemen yang lainnya.

Pada Shared Hosting , semua akun harus membagi sumber daya yang dimiliki oleh CPU atau server dengan akun yang lainnya. Hal yang dibagi termasuk termasuk CPU time, memory, Web Server, Database dan juga alokasi penyimpanan.

VPS Hosting

VPS Hosting ini bisa dianalogikan Anda menyewa sebuah apartemen seorang diri, sehingga semua fasilitas seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu dapat dipergunakan tanpa perlu antri bergantian. Namun Anda masih berbagi fasilitas dari gedung apartemen seperti kolam renang, lahan parkir dan tempat bermain.

Pada VPS Hosting, Anda mendapatkan sumber daya yang tidak dibagi kepada setiap orang. Secara umum CPU time dan memory dibagi kepada semua akun yang berada mesin, tetapi sumber daya yang didedikasikan kepada setiap akun selalu sama setiap waktu. VPS hosting tentu saja lebih stabil dan fleksibel dibandingkan dengan Shared Hosting.

Tempat berlangganan VPS yang handal dan tergolong murah menurut penulis adalah Digital Ocean.

digital-ocean-pricing

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting ini bisa dianalogikan Anda memiliki sebuah rumah sendiri, sehingga kolam renang, lahan parkir dan tempat bermain tidak berbagi dengan orang lain.  Dedicated Hosting memungkinkan Anda mengakses dan menggunakan semua sumber daya yang ada di mesin. Anda tidak perlu berbagi sumber daya dengan yang lainnya.

Perbandingan Tabel

Berikut perbandingan Shared Hosting, Virtual Private Server dan Dedicated Hosting dalam bentuk tabel.

 Perbandingan Shared Hosting Virtual Private Server Dedicated Hosting
Harga Murah Sedang Mahal
Kemampuan/Kehandalan Rendah Sedang Tinggi
Kesulitan Perawatan Mudah Sedang Sulit

Mau Migrasi?

Onestring Lab menyediakan jasanya :

Jasa Instalasi Virtual Private Server

Atau tidak mau pusing dengan instalasi pilih paket jasa berikut ini :

Jasa Sewa Hosting, Beli Domain dan Instalasi CMS

 

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Jasa Instalasi Virtual Private Server | Onestring Lab
  2. Mengapa Harus Menggunakan Cloud Hosting? | Onestring Lab

Comments are closed.

Block AdBlock - Powered by Admiral