Mengapa Anda Harus Menggunakan Cloud Hosting?

Ada berbagai cara untuk menempatkan file website atau aplikasi online di internet, diantaranya menggunaka Shared Hosting, VPS Hosting dan Dedicated Hosting. Bila Anda belum memahami ketiga hal teserbut maka silahkan baca artikel berikut ini :

Perbedaan antara Shared Hosting, VPS Hosting dan Dedicated Hosting

Namun saat ini ada lagi suatu layanan yang dapat digunakan yaitu Cloud Hosting. Secara sederhana Cloud Hosting adalah perpaduan antara Shared Hosting dan VPS Hosting.  Konsep utama dari cloud hosting adalah “Divide and Rule” yang berarti sumber daya yang diperlukan untuk menjaga website tetap online tersebar di lebih dari satu web server dan akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan teknologi Cloud Hosting memungkinkan Anda untuk mengatasi jumlah kunjungan pada beban puncak, hal ini dikarenakan server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan. Bila beban puncak sudah dirasakan menurun maka server lain akan mengambil lagi sumber daya yang tadi digunakan. Dengan kata lain web site tidak mengandalkan satu server, tetapi beberapa server yang bekerja sama. Konsep ini biasa di sebu dengan Cloud.

Shared Hosting VS Cloud Hosting

Perbedaan mendasar dari Shared Hosting dan Cloud Hosting adalah :

  • Shared Hosting menggunakan satu sumber daya secara bersama-sama. Diibaratkan sebuah restoran yang memiliki seorang koki handal. Koki tersebut melayani berbagai jenis permintaan masakan. Jika permintaannya relatif normal maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun jika pemintaan sangat banyak maka koki yang handal sekalipun akan kewalahan.
  • Cloud Hosting menggunakan satu sumber daya secara mandiri. Diibaratkan sebuah restoran yang memiliki beberapa  koki biasa yang bekerja sesuai dengan jenis menu tertentu. Maka para koki tersebut melakukan pelayanan sesuai dengan jenis makanan yang diminta pengunjung. Pada suatu waktu koki A misalnya menerima permintaan yang begitu banyak, sedangkan koki B dan C permintaannya relatif sedikit. Maka dalam situasi seperti ini koki B dan C turut membantu koki A untuk menyelesaikan permintaan tersebut. Bila nanti dirasakan permintaan terhadap koki A sudah normal kembali maka koki B dan C tidak lagi membantunya.

Untuk lebih jelasnya mungkin Anda dapat melihat video berikut ini:

Menarik bukan sistem kerja Cloud Hosting? Saat ini di Indonesia layanan Cloud Hosting dapat diperoleh di Dewaweb. Sangat disarankan untuk segera migrasi ke Cloud Hosting Dewaweb selagi ada promo gratis migrasi dari tempat hosting lama.

ssd-dw-freetrial-blog

 

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 5 Tips Menggunakan Komputer Secara Aman | Onestring Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral