Jangan Dibaca Kalau Ingin Kuliah di Bidang Komputer

Program studi di bidang komputer seperti Teknik Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan beberapa program studi turunan bidang komputer lainnya merupakan program studi favorit bagi lulusan SMA atau SMK di Indonesia atau bahkan di dunia. Maka sebelum memilih program studi bidang komputer perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini yang merupakan alasan kenapa sebaiknya tidak kuliah di program studi bidang komputer.

Program Studi Favorit

Program studi di bidang komputer merupakan program studi favorit hampir di seluruh universitas di Indonesia. Disebabkan menjadi favorit maka untuk lulus tes masuk di program studi di bidang komputer diperlukan kecerdasan di atas rata-rata. Seperti terlihat pada tabel berikut dimana STEI di ITB dan Teknik Informatika di ITS merupakan program studi yang memiliki tingkat kelulusan SBMPTN dengan nilai tertinggi.


Dari tabel di atas dapat di lihat bahwa untuk masuk program studi bidang komputer mengharuskan kecerdasan yang diatas rata-rata.



Biaya Kuliah Mahal

Untuk biaya kuliah maka Program studi bidang komputer tentu lebih mahal dari program studi lainnya. Ini tentu berlaku hukum ekonomi, semakin banyak peminat maka harga semakin tinggi. Silahkan disurvei mengenai biaya kuliah di bidang komputer dengan bidang lainnya. Hampir bisa dipastikan lebih mahal bidang komputer kecuali jika dibandingkan dengan kedokteran. Untuk program studi kedokteran seperti yang diketahui tentulah biaya kuliah di bidang ini sangatlah mahal.

Mesti Pintar Matematika

Untuk yang merasa IQ tiarap untuk pelajaran Matematika, sebaiknya hindari program studi bidang komputer. Kuliah di bidang komputer akan banyak menemui mata kuliah yang bernuansa kental Matematika seperti Kalkulus, Matematika Diskrit, Statitika dan Probabilitas, Metode Numerik dan masih banyak lagi mata kuliah berkaitan erat dengan Matematika. Jadi siap-siap saja kalau masuk program studi bidang komputer untuk ekstra lebih belajar Matematika.

Perlu Peralatan Mahal

Selama kuliah di bidang komputer maka mahasiswa hampir seperti diwajibkan memiliki peralatan komputer atau laptop yang canggih atau diatas rata-rata laptop mahasiswa yang bukan di bidang komputer.  Seperti diketahui untuk menulis kode aplikasi di Android setidaknya saat ini diperlukan speksifikasi RAM 8 GB, terlihat pada System Requirements Android Studio. Tentu saja Komputer atau Laptop yang memiliki speksifikasi tinggi tentu memiliki harga yang mahal.

Persaingan Kerja Ketat

Setelah lulus kuliah maka untuk mendapatkan pekerjaan di bidang komputer sangatlah ketat, karena mesti bersaing dengan lulusan lain di bidang komputer yang juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bila tidak memiliki keahlian khusus maka akan sulit mendapatkan di bidang komputer, maka lulusan di bidang komputer diharapkan memiliki keahlian yang mumpuni agar dapat bersaing di dunia kerja.



Bisa Belajar Tanpa Harus Kuliah

Saat ini untuk menguasai keahlian di bidang komputer dapat di peroleh melalui kursus offline dan online. Kursus offline banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia, misalnya di Braimatics atau Metrodata Training dan masih banyak lagi tempat lainnya. Kursus online bisa di Sekolah Koidng,  Udemy, Code Academy dan banyak lagi tempat kursus online lainnya. Banyak lagi tempat-tempat lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan keahlian di bidang komputer seperti komunitas di internet.

Nah sudah baca kan mengenai alasan untuk tidak kuliah di bidang komputer, masih berani kuliah disitu? Kalo masih berani berarti Anda merupakan salah satu manusia cerdas yang ada di dunia ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*