Install Node.js dan NPM Pada Windows

Pada tulisan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara install Node.js dan setup NPM pada Windows. Adapun penjelasan Node.js dan NPM adalah :

Node.js® is a JavaScript runtime built on Chrome’s V8 JavaScript engine. Node.js uses an event-driven, non-blocking I/O model that makes it lightweight and efficient. Node.js’ package ecosystem, npm, is the largest ecosystem of open source libraries in the world.

Langkah pertama adalah mengunduh Node.js di situs Nodejs.org sesuai dengan jenis Sistem Operasi yang digunakan. Saat ini akan diunduh Node.js untuk Windows 64 bit. Setelah selesai mengunduh, maka dijalankan file instalasinya. sehingga akan terlihat pada gambar berikut ini :

Instalasi Node.js
Instalasi Node.js

Lanjutkan proses instalasi sampai selesai. Setelah instalasi selesai dilakukan uji coba untuk mengetahui apakah Node.js sudah bisa bekerja dengan baik. Buka command prompt kemudian ketikan “node -v”, maka akan terlihat hasil sebagai berikut :

Ujicoba Node.js
Ujicoba Node.js

Setelah Node.js bekerja dengan baik maka dilakukan ujicoba terhadap NPM. NPM biasa digunakan untuk melakukan instalasi suatu framework ke dalam direktori kerja yang digunakan. Caranya buka command prompt kemudian ketikan “npm -v”. Bila NPM telah berhasil dipasang pada komputer maka akan terlihat seperti berikut ini :

Ujicoba NPM
Ujicoba NPM

Yeeahh telah berhasil melalukan instalasi Node.js dan NPM.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Install dan Menggunakan PhoneGap | Onestring Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*