Install Apache, MySQL dan PHP di Ubuntu

Apache, MySQL dan PHP merupakan perangkat lunak standar yang digunakan untuk membangun Sistem Informasi berbasis Web. Apache merupakan server yang mengelola kode file yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman, dalam hal ini menggunakan PHP. MySQL merupakan perangkat lunak yang bertugas sebagai basis data atau Database. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai langkah-langkah instalasi Apache, MySQL dan PHP di Ubuntu.

Install Apache

Untuk instalasi Apache maka harus install Metapackage apache2, ini bisa dilakukan dengan mencarinya pada Software Center di Ubuntu, atau bisa dengan menuliskan perintah ini pada command prompt.

$ sudo apt-get install apache2

Install MySQL

Untuk instalasi MySQL maka harus install Metapackage mysql-server, ini bisa dilakukan dengan mencarinya pada Software Center di Ubuntu, atau bisa dengan menuliskan perintah ini pada command prompt. Pada proses instalasi sistem akan menanyakan password yang akan digunakan nanti saat login ke MySQL.

$ sudo apt-get install mysql-server

Install PHP

Untuk instalasi PHP maka harus install Metapackage php5 dan libapache2-mod-php5, ini bisa dilakukan dengan mencarinya pada Software Center di Ubuntu, atau bisa dengan menuliskan perintah ini pada command prompt.

$ sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5

Instalasi PHPMyAdmin

Untuk keperluan koneksi PHP ke MySQL maka diperlukan Metapackage libapache2-mod-auth-mysql ,php5-mysql dan phpmyadmin. Pada proses instalasi sistem akan menanyakan pilihan server yang digunakan maka pilihlah apache2. Kemudian sistem akan menanyakan password MySQL maka masukan sesuai password-nya. Tuliskan perintah ini pada command prompt

$ sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql phpmyadmin

Restart Server

Seharusnya server Apache otomatis melakukan restart setelah instalasi MySQL dan PHP, namun jika tidak maka bisa dilakukan dengan menjalankan perintah ini.

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Tes Hasil Instalasi

Untuk mengetahui keberhasilan hasil instalasi server Apache maka bukalah browser kemudian ketikan http://localhost, tampilan akan keluar seperti berikut ini:

Server Apache di Ubuntu

Untuk menguji MySQL, PHP dan PHPMyAdmin, maka bukalah browser kemudian ketikan http://localhost/phpmyadmin, tampilan akan keluar seperti berikut ini:

PHPMyAdmin di UbuntuMasukan username dan password MySQL, maka tampilan akan didapat seperti berikut ini :

Tampilan MySQL di Ubuntu

Hore telah siap dipergunakan. Selamat berkarya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral