Dasar-Dasar Belajar Pemrograman Web

Pemrograman web telah mempermudah banyak aspek kehidupan manusia. Mulai dari cara berkomunikasi, bertransaksi, hiburan, hingga bekerja. Situs berita yang Anda baca saat menyantap sarapan, toko online tempat Anda membeli pakaian, surat elektronik dari rekan kerja, hal-hal tersebut dapat diakses dengan mudah karena pemrograman web. Apakah sulit untuk belajar pemrograman web? Mari Anda ulas sedikit demi sedikit tentang ilmu komputer yang satu ini.

Belajar pemrograman web menuntut Anda untuk memahami berbagai bahasa pemrograman. Ada tiga Bahasa dasar yang perlu dipelajari yakni, HTML, CSS, dan Javascript. Bahasa-bahasa tersebut digunakan untuk membangun tatap muka (User Interface).

Belajar Pemrograman Web: Bahasa yang Perlu Dikuasai

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Bahasa ini dijadikan standar untuk halaman web di dunia. Semua web browser dapat membaca file HTML. Bahasa ini cukup sederhana dan digunakan untuk menentukan struktur dari sebuah halaman. Namun, karena fungsinya yang terbatas pada tatap muka dan tidak bisa menjalankan fungsi, bahasa HTML dianggap bukan bahasa pemrograman. Dalam belajar pemrograman web, HTML tetap perlu dipahami karena merupakan pondasi dari sebuah halaman web.

Kemudian Anda juga harus memahami CSS yang merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS berfokus pada tampilan atau styling dari sebuah website. HTML digunakan untuk menyusun struktur sebuah dokumen web seperti headline, paragraf, gambar, video, dan media lainnya, sedangkan CSS digunakan untuk menentukan apa jenis font yang digunakan, layout dari halaman, gambar latar, dan lain-lain.

JavaScript adalah bahasa pemrograman atau skrip yang mengizinkan Anda untuk mengimplementasi hal-hal kompleks pada sebuah halaman sehingga tampak lebih interaktif dan dinamis. Anda dapat memperbaharui konten, peta interaktif, gambar 2D/3D, pemutar musik, notifikasi pop up, dan lain-lain. Bahasa ini merupakan yang terpenting dalam belajar pemrograman web dan harus dikuasai mendalam.

JavaScript dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menyimpan input penting ke dalam variabel.
  • Membuat string atau perintah dengan teks.
  • Menjalankan kode sebagai respon dari kejadian tertentu pada sebuah halaman.
  • Dan masih banyak lagi.

Konsep Client dan Server

Setelah mengetahui bahasa pemrograman dasar dari pemrograman web, mari pahami konsep dari Client dan Server. Client dan server merupakan konsep fundamental dalam web programming. Secara sederhana, konsep ini tercipta karena adanya koneksi dan komunikasi yang dilakukan dua komputer dimana satu sisi bertindak sebagai client dan di sisi lainnya sebagai server. Server hanya melayani permintaan klien dan klien mengirimkan atau meminta suatu proses pada server.

Client dikenal juga dengan nama front end. Front end adalah bagian dimana sebuah laman web ditampilkan. Server disebut juga dengan backend, dimana semua kode program yang berkaitan dengan database.

Konsep client dan server ini sangat penting dalam belajar pemrograman web karena tanpa adanya back-end atau server, maka Anda tidak bisa menyimpan data yang berkaitan dengan website Anda, dan sebaliknya, tanpa front-end maka website yang sudah dibuat tidak dapat ditampilkan kepada pengguna atau user.

Belajar Pemrograman Web di Udemy

Apabila Anda tertarik belajar pemrograman web dan mendalaminya, ada berbagai profesi menanti jika Anda menguasai bidang ini dengan baik seperti software engineer, front-end developer, web developer, dan lain-lain. Untuk belajar, silakan mencoba kelas di Udemy yang berjudul “Belajar Pemrograman Web Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP.” Kursus ini diajarkan oleh CodePolitan Online. Mentor mengajarkan secara terperinci dan memfasilitasi semua kebutuhan belajar.

Ketika membeli kelas di Udemy, Anda dapat mengakses kursus tersebut kapan saja tanpa ada batasan waktu. Hal ini berbeda dengan portal pembelajaran online lainnya yang menawarkan sistem subscription yang mewajibkan pembayaran bulanan atau tahunan. Proses pembelajaran terasa menyenangkan dan tidak kaku serta interaktif. Anda juga bisa langsung menanyakan kebingungan Anda pada kolom Q&A yang disediakan Udemy.

Kursus di Udemy tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Ada pula kelas lain untuk melengkapi ilmu web programming seperti Web Developer Bootcamp, desain grafis, internet marketing, dan lain-lain yang bisa Anda coba.

Demikian artikel kali ini. Sampai berjumpa di artikel berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*