Berapakah Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Berbasis WordPress?

Berapakah Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website Berbasis WordPress_

WordPress. WordPress. WordPress.

Cobalah mengetikkan kata kunci ‘cara membuat website’ di Google. Hampir setiap artikel yang muncul kemudian merekomendasikan kita untuk membuat website dengan WordPress. Bahkan, sebagian besar artikel menyebutkan jika membuat WordPress itu gratis! Benarkah demikian?

Di artikel ini, kita akan mengupas tuntas mengapa ada anggapan jika WordPress itu gratis dan biaya yang dibutuhkan sesungguhnya untuk membuat sebuah website berbasis WordPress.

Dua Versi WordPress: Mana yang Lebih Efisien Biaya?


Banyak yang tidak tahu jika WordPress sebenarnya memiliki dua versi. WordPress yang dimaksud si A belum tentu WordPress yang dimaksud si B. Bagaimana bisa?

Untuk menjelaskannya, kita perlu menaiki mesin waktu dan sedikit bercerita tentang sejarah WordPress.

Matt Mullenweg dan Mike Little merilis WordPress pada tahun 2003. Dibuat sebagai open source CMS, ketenaran WordPress pun meroket tajam. Siapa juga yang tidak menyukai sebuah resource dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi? Anda cukup mengunduhnya di WordPress.org dan WordPress pun siap dipakai. Anda juga bebas untuk memodifikasi WordPress serta bergabung dengan komunitas developer WordPress untuk ikut ambil bagian dalam pengembangan WordPress.

Menanggapi kesuksesan WordPress, Matt Mullenweg kemudian berinisiatif membangun sebuah perusahaan bernama Automattic dan menggagas berdirinya WordPress.com.

Sejak saat itulah, kita memiliki kebebasan untuk memilih dua jenis WordPress: WordPress.com dan WordPress.org. Apakah perbedaannya dan mana yang lebih efisien biaya?

WordPress.org

Mari kita mulai membahas WordPress.org terlebih dahulu.

WordPress.org memang bisa didapatkan dengan gratis. Namun, pembuatannya tidak benar – benar bebas biaya. Anda perlu merogoh kocek untuk membeli hosting dan domain sebelum menginstall WordPress dan mulai membangun website Anda.

Untungnya fleksibilitas yang ditawarkan WordPress sebanding dengan biaya tersebut. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda bebas memilih tema WordPress apapun yang Anda suka serta plugin sebanyak apapun.

Jika Anda seorang developer, Anda pun bisa mengakses kode di dalam WordPress dan mengkostumisasinya. Anda bisa merubah WordPress menjadi sebuah e-commerce, news media, company profile, dan berbagai jenis website lainnya.

WordPress.com

Lalu bagaimana dengan WordPress.com?

Untuk Anda yang tidak mau terlalu memikirkan hal teknis, WordPress.com adalah pilihan terbaik. Anda tidak perlu memikirkan soal hosting maupun domain. Anda cukup membuka WordPress.com, mendaftarkan diri, dan mulai membuat tulisan blog pertama Anda.

Sebagai gantinya, tidak banyak kostumisasi yang diberikan. WordPress.com hanya memberikan beberapa pilihan tema untuk mempercantik website Anda. Bahkan, Anda perlu menguprade WordPress.com gratisan Anda ke paket premium untuk menginstall beberapa plugin dasar. Sebagai tambahan, paket WordPress.com termahal pun tidak memberikan banyak fleksibilitas seperti WordPress.org.

Lalu manakah yang terbaik? Semuanya kembali pada pilihan Anda.

Jika Anda tidak ingin direpotkan untuk mencari hosting dan domain, Anda tentu saja bisa langsung mendaftarkan diri ke WordPress.com. Namun, kostumisasinya yang terbatas tentu saja lambat laun akan memaksa Anda untuk membuka dompet dan membeli premium plan WordPress.com.

Sebaliknya, jika Anda ingin fleksibilitas dan kostumisasi tinggi serta tidak masalah untuk mengeluarkan biaya di awal, WordPress.org adalah jawabannya. Satu kali pembayaran dan Anda bisa mengubah website sesuai dengan yang Anda mau.

Komponen Tambahan Lainnya

Biaya pembuatan website tidak hanya datang dari pilihan CMS saja. Ada beberapa komponen lain yang akan menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk membuat website. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pemeliharaan

Pengelolaan website tak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya bug muncul dan Anda membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya, ada biaya yang perlu dianggarkan untuk mengantisipasi masalah ini.

2. Desain

Jika Anda menggunakan WordPress.org, Anda memiliki ribuan pilihan tema yang siap diinstall di WordPress Anda. Namun, Anda mungkin menginginkan sebuah desain yang unik dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk mewujudkannya, Anda perlu memperkerjakan seorang website desainer untuk menata tampilan website Anda.

3. Fitur

Apakah fitur utama yang Anda inginkan di website Anda? Jika Anda butuh fitur yang benar – benar spesial dan premium, plugin gratisan mungkin saja tidak mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda bisa menemukan fitur yang Anda butuhkan dengan menginstall plugin berbayar dari pihak ketiga seperti Code Canyon.

4. Konten dan SEO

Untuk menaklukkan mesin pencarian seperti Google, website yang canggih saja tidak cukup. Anda membutuhkan sebuah konten yang berkualitas dan sedikit trik SEO. Sayangnya, membangun konten dan SEO adalah sebuah perjalanan panjang. Untuk mempercepat pertumbuhan konten Anda, Anda bisa menyewa jasa freelance content writer dan SEO Specialist.

Kesimpulan

Jadi, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website berbasis WordPress?

Tidak ada angka pasti yang bisa mendeskripsikan berapa biaya pembuatan website. Apalagi jika kita berbicara soal WordPress, kita dihadapkan dengan dua pilihan: WordPress.com dan WordPress.org. Selain itu, ada beberapa elemen yang juga mempengaruhi besarnya biaya untuk membuat website.

Jadi sebelum menentukan anggaran untuk membuat sebuah website, Anda perlu merinci ulang website seperti apa yang Anda butuhkan dan WordPress jenis mana yang cocok dengan Anda.

Semoga artikel ini membantu dan selamat memulai proyek pembuatan website Anda!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*