8 Langkah Belajar Bahasa Pemrograman Yang Paling Mudah

Belajar bahasa pemrograman yang paling mudah saat ini juga membutuhkan sebuah langkah khusus karena semua bahasa pemrograman sama saja. Jika anda tidak tahu apa saja yang harus anda lakukan, pastilah anda akan kebingungan untuk mencari bahasa pemrograman yang anda sukai.

Bahasa pemrograman itu memang tidak sulit jika dipelajari, jadi bagi sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa semua bahasa pemrograman itu mudah. Tapi bagi anda yang baru ingin belajar behasa pemrograman sebaiknya melakukan beberapa langkah belajar bahasa pemrograman berikut ini terlebih dahulu:

1. Memilih Bahasa Pemrograman Yang Anda Minati

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih bahasa pemrograman yang anda minati, tanyakan pada diri anda ingin menjadi apa nantinya? Karena setiap bahasa pemrograman pastinya berbeda, misalnya untuk yang ingin menjadi developer android bisa belajar bahasa java, untuk developer web bisa belajar Php dan HTML.

2. Belajar Bahasa Pemrograman Yang Mudah Terlebih Dahulu

Sebaiknya anda belajar bahasa pemrograman yang dirasa mudah terlebih dahulu, anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu ebook nya atau mencarinya di internet. Cek manakah bahasa pemrograman yang dirasa lebih mudah oleh anda karena setiap bahasa itu algoritma nya sama, hanya cara penulisan nya saja yang berbeda.

3. Membaca Panduan Belajar Bahasa Pemrograman

Jangan lupa untuk membaca panduan belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu, biasanya di sana akan diterangkan apa bahasa pemrograman itu? Mulai dari mana anda bisa belajar bahasa pemrograman? Dan apa saja yang harus anda lakukan?

4. Pelajari Konsep Dasar

Tidak lupa juga, anda juga perlu mempelajari konsep dasar bahasa pemrograman yang sudah anda pilih tadi. Misalnya anda ingin belajar java, maka anda perlu mempelajari tentang looping, oop, array dan jenis-jenis konsep dasar terlebih dahulu.



5. Install Aplikasi / Tools Untuk Membuat Program

Langkah belajar bahasa pemrograman yang paling mudah Selanjutnya adalah anda menginstall tools yang nantinya akan anda gunakan membuat sebuah program kecil-kecilan terlebih dahulu. Untuk java seharusnya anda menggunakan eclipse, netbean atau langsung android studio, tetapi anda harus mengkondisikan dengan spesifikasi laptop terlebih dahulu.

6. Praktik Secara Langsung

Parktikan beberapa script yang ada di panduan secara langsung agar anda bisa tahu bagaimana cara menggunakan tools tersebut. Lalu bagaimana juga membuat program tersebut bisa berjalan sehingga menjadi sebuah program yang bagus?

7. Jika Error, Cobalah Untuk Mencobanya Lagi

Jika anda mengalami error, sebaiknya anda mencobanya kembali agar anda bisa menemukan solusinya sendiri. Dengan begitu, anda pasti akan ingat terus kenapa bisa error dan bagaimana solusi yang bisa anda temukan untuk program yang serupa

8. Tanyakan Pada Teman Jika Mengalami Kebuntuan

Tanyakan pada teman di komunitas, di sosial media maupun pada teman anda yang sudah mengerti tentang bahasa pemrograman. Dengan begitu anda bisa tahu kesalahan yang sudah anda perbuat saat membuat program tersebut, tapi cobalah lebih dulu dengan kemampuan anda.

Itulah beberapa langkah untuk belajar bahasa pemrograman yang paling mudah terlebih dahulu agar bisa menjadi programmer handal. Tidak masalah mencoba ribuan kali asalkan anda bisa mengerti dan paham bagaimana membuat sebuah aplikasi yang bagus, terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral