5 Tips Menulis Bisnis e-Mail

Email pada umumnya ditulis dalam bentuk non-formal. Namun pada komunikasi bisnis diperlukan bentuk penulisan yang lebih formal. Email bisnis posisinya berada diantara email pribadi dengan surat bisnis. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai tips dalam menulis Bisnis e-Mail.

Alamat e-Mail

Saat akan menulis dan mengirimkan sebuah bisnis e-Mail maka hal yang perlukan diperhatikan adalah alamat e-Mail yang digunakan. Pastikan alamat e-Mail yang digunakan terlihat profesional, bila menggunakan e-Mail gratisan di internet maka gunakanlah nama resmi Anda, misalkan tina.astuti@gmail.com, rudi_siregar@gmail.com. Hindari menggunakan alamat e-mail yang terlihat tidak profesional seperti cutemanis@yahoo.com, ulatbulu@yahoo.com.

Perhatikan Judul

Tuliskan judul e-Mail yang jelas dan informatif, jangan menulis judul e-Mail seperti “Tolong” atau Hai. Tulislah judul yang merupakan rangkuman dari maksud atau isi e-Mail yang akan dikirim, misalkan “Perubahan Jadwal Rapat Mingguan” atau “Pembatalan Pemesanan Tiket Dinas Ke Surabaya”.

Menulis e-Mail

Gunakan salam pembuka seperti “Dengan Hormat”. Langsungkan tuliskan maksud dari e-Mail atau mengingat penerima bagaimana Anda saling mengenal satu sama lainya. Jangan menggunakan kalimat yang membingungkan seperti “Harap ini segera diselesaikan”, maka penerima akan bingung mengenai hal apa yang akan diselesaikan. Gunakan tata huruf besar dan kecil, bahasa yang sopan dan tidak terlalu panjang.

Penutup

Pada bagian penutup gunakanlah kata penutup yang dilengkapi informasi mengenai diri Anda misalkan Nama, Alamat, No Telp, Nama Perusahaan. Hindari penggunaan gambar lucu, kutipan atau informasi yang tidak perlu di bagian penutup.

Periksa Kembali

Sebelum mengirim e-Mail harap membacanya kembali dan memperbaikinya bila terjadi kesalahan tulisan.  Pastikan tata bahasa yang digunakan lugas dan mudah dimengerti oleh penerima.

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*