5 Tips Menjaga Baterai Handphone

Baterai merupakan suatu komponen penting pada sebuah handphone. Namun seringkali komponen yang pertama kali rusak atau bermasalah adalah baterai. Hal termudah yang dapat dilakukan adalah bila baterai rusak atau bermasalah adalah menggantinya dengan yang baru, namun pada handphone tertentu baterai menempel pada handphone sehingga diperlukan seorang yang ahli untuk menggantinya. Pada tulisan ini akan sedikit di bahas mengenai cara menjaga baterai Lithium-Ion yang terdapat pada handphone sehigga dapat awet.

Jaga Temperatur

Pastikan handphone terhindar dari suhu ekstrem seperti terkena Matahari langsung, dekat barang yang menghasilkan panas dan tentu saja juga terhadap suhu dingin, jadi jangan pernah menaruh handphone Anda di dalam kulkas. Bila menggunakan cassing tambahan pastikan ventilasi udara dari handphone tidak tertutup oleh cassing tersebut.

Tepat Menggunakan Charger

Gunakan charger yang merupakan keluar asli dari handphone.  Jika menggunakan charger yang bukan asli dikhawatirkan ada ukuran listrik yang tidak cocok. Ketidakcocokan ini dapat menimbulkan kerusakan pada baterai.

Kosong Terlalu Lama

Jangan biarkan baterai sampai kosong atau 0%, tips yang perlu diperhatikan adalah untuk menjaga kapasitas baterai antara 40%-80%. Bila berencana akan menyimpan handphone Anda dalam waktu yang lama. maka lepaslah baterainya dari handphone tersebut. Namun bila baterainya tidak bisa dilepas maka sebaiknya Anda tetap menjaga kapasitas baterai tersebut diantara 40%-80%.

Kosongkan 1 Kali Sebulan

Setiap 1 bulan sekali kosongkan baterai sampai benar-benar habis kemudian isi sampai penuh (100%). Hal ini akan membuat baterai handphone akan menjadi lebih awet. Jika baterai dapat dilepas maka bersihkan bagian metal dari baterai yang biasanya berwarna kuning dengan kapas pembersih telinga dan alkohol.

Lepas Casing Tambahan

Pengisian semalaman saat ini dapat saja dilakukan dikarenakan handphone keluaran terbaru pada umumnya memiliki charger yang otomatis berhenti melakukan charger bila baterai sudah penuh. Namun tips yang bisa dilakukan saat itu adalah melepas casing tambahan agar menghindari kelebihan panas pada handphone