5 Tips Menggunakan Komputer Secara Aman

Komputer saat ini merupakan alat yang sangat populer, hampir seluruh penduduk perkotaan menggunakannya untuk membantu peekerjaannya sehari-hari. Data merupakan hal terpenting yang terdapat pada komputer. Berikut ini merupakan tips bagaimana penggunaan komputer agar data terjaga dengan aman :

Patch, Patch, PATCH!

Setiap sistem operasi yang digunakan saat ini pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan pembaruan untuk sistem operasinya. Apabila perusahaan tersebut sudah mengeluarkan pembaruan maka segeralah melakukan pembaruan, karena pembaruan dilakukan untuk memperbaiki bug yang terdapat pada sistem operasi yang telah diluncurkan.

Install Antivirus.

Pastikan komputer Anda memiliki antivirus sehingga komputer Anda aman dari serangan virus. Antivirus juga melakukan pembaruan untuk data virus yang dimiliki maka segeralah melakukan pembaruan sehingga virus-virus terbaru bisa terdeteksi.

Gunakan Password Yang Kuat

Gunakanlah password yang tidak mudah ditebak. Hal ini untuk menghindari tangan-tangan usil yang mencoba masuk kedalam komputer Anda. Untuk mengetahui sekuat apa password yang Anda miliki silahkan kunjungi website How Secure is My Password?

Pastikan Lingkungan Kerja Aman

Saat Anda membuka komputer Anda di area publik maka keamanan komputer Anda harus ditingkatkan. Pastikan aplikasi firewall di komputer Anda aktif, firewall berguna untuk mencegah orang lain yang mencoba masuk ke komputer Anda melalui koneksi LAN.

Backup, Backup, BACKUP!

Untuk keamanan data yang Anda miliki, pastikan Anda memiliki data backup. Hal yang bisa dilakukan saat ini adalah menyimpan data Anda di layanan cloud storage. Informasi lebih lanjut mengenai cloud storage dapat di baca di Cloud Storage Dapat Menyelamatkan Data Anda, Apa itu Cloud Storage ?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral