5 Tips Membeli Notebook

Saat ini kebutuhan kepemilikan notebook sudah menjadi kebutuhan dasar setiap manusia di perkotaan. Hal itu tak lepas dari berbagai aktivitas yang mampu dilakukan notebook, mulai dari sekadar menyelesaikan pekerjaan kantor hingga berkomunikasi dengan keluarga. Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang membeli perangkat notebook. Tulisan berikut ini akan memberikan tips dalam membeli notebook.

Kebutuhan

Tips membeli laptop yang perlu dipertimbangkan adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda agar perangkat dapat berfungsi dengan maksimal. Mulailah memikirkan pola penggunaan laptop sebelum membeli, seperti untuk melakukan pekerjaan kantor, merancang desain, atau sekadar media hiburan. Untuk kebutuhan ringan seperti untuk mengetik, membaca email, browsing internet atau nonton film, maka speksifikasi yang diperlukan adalah Intel Dual Core  atau AMD Athlon 64 dengan RAM 2 GB. Sedangkan untuk kebutuhan berat seperti bermain game, desain grafis dan editin video, maka spesifikasi yang diperlukan adalah minimal Intel Core 3i, RAM 4-8 GB dengan VGA berteknologi NVidia atau ATI Radeon.

Ukuran

Salah satu pertimbangan lain dalam membeli notebook baru adalah ukuranya, apabila Anda termasuk kedalam orang – orang yang sangat sering berpergian dan harus selalu membawa perangkat notebook Anda, sebaiknya Anda membeli notebook dengan ukuran yang mudah untuk dibawah kemana-mana dan ringan, akan tetapi apabila Anda tergolong orang yang jarang membawa notebook kemana-mana dan lebih banyak menggunakan notebook di kantor atau di rumah, maka Anda bisa membeli notebook dengan ukuran inci yang lebih besar.

Brand Atau Merk

Banyaknya merek notebook dipasaran membuat Anda harus jeli untuk memilih merek notebook yang akan dibeli, jadi Anda harus  cermat dalam memilih merek atau brand, disarankan untuk menbaca banyak informasi atau referensi. Anda dapat mencari di  baik internet atau media massa yang lain mengenai brand notebook yang akan Anda beli, karena itu akan membantu Anda untuk lebih mengenal kualitas dari brand notebook yang akan dibeli. Sangat disarankan Anda memilih brand notebook yang sudah terkenal dan sudah terbukti kualitas dan kehandalanya.

Garansi dan Service Center

Garansi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih notebook, karena secara logika lamannya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Perlu diperhatikan juga peraturan garansi yang belaku. Satu hal lagi yang penting, pastikan kota Anda memiliki tempat service center notebook yang Anda beli. Sebab hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada notebook.

Alokasi Dana

Penting juga untuk memperhatikan jenis notebook seperti apa yang akan dibeli nanti, disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Misal kebutuhan jenis notebook bermain game. Maka sesuaikan dulu sama anggaran yang dimiliki karena pastinya notebook untuk keperluan bermain game mempunyai spesifikasi yang sudah sangat tinggi dan tentunya harganya pun lebih mahal. Jadi pastikan dulu anggaran dana yang dimiliki cukup atau tidak untuk membeli notebook yang  diinginkan, jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

 

Block AdBlock - Powered by Admiral