5 Tips Belanja Online Secara Aman

Saat ini kebiasaan berbelanja online sudah merupakan trend baru bagi masyarakat baik yang berada di kota besar ataupun kecil. Belanja online terasa sangat menyenangkan, Anda tidak perlu pergi toko atau mal untuk mencari barang yang Anda inginkan. Tapi dibalik kenyaman tersebut tersembunyi juga para “Maling Digital” maka Anda perlu waspada saat berbelanja online. Berikut ini 5 Tips Belanja Online Secara Aman

1. Cek Dahulu Situs Web Tempat Anda Berbelanja

Cara mudah mengeceknya adalah masukkan nama domain situs web tersebut ke mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Baca baik-baik berita atau ulasan mengenai situs tersebut. Baca juga mengenai kebijakkan Situs Web tersebut terhadap barang yang Anda beli.

2. Cek Produk Yang Akan Dibeli Secara Seksama

Teliti benar mengenai produk yang akan Anda beli, apakah spesifikasi sudah sesuai dengan keinginan Anda. Bandingkan yang ditawarkan di situs web belanja dengan situs resmi yang mengeluarkan produk tersebut. Misalkan Anda akan membeli sebuah laptop bermerk “A” maka ceklah harganya ke situs resmi laptop tersebut, bila terjadi perbedaan spesifikasi atau harga maka Anda perlu teliti lebih lanjut.

3. Pastikan Situs Web Aman

Situs web belanja Anda haruslah aman dari pencurian data, untuk mengetahuinya perhatikan pada bagian URL terdapat gambar gembok. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini ada gambar gembok hijau.

Screenshot from 2016-02-16 11-41-47

4. Kredibilitas Penjual

Sebuah toko online biasanya memiliki merchant atau penjual yang beraneka ragam. Lihatlah kredibilitas penjual dari toko tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari toko yang bersangkutan. Apabila review yang diberikan oleh pembeli positif, maka Anda bisa melanjutkan untuk bertransaksi di toko tersebut. Namun apabila reviewnya kurang baik, lebih baik Anda mencari toko online lain yang menjual produk yang Anda inginkan.

5. Pertimbangkan Cara Pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan. Atau Anda bisa menggunakan prosedur “Rekening Bersama” yang biasa disediakan oleh situs web tersebut. Jangan lupa simpang bukti transaksi.

Selain itu juga perlu diperhatikan masalah ongkos kirim. Ada beberapa toko yang menetapkan ongkos kirim untuk setiap item yang dibeli, ada juga yang berorientasi pada beratnya. Jika Anda beli barang yang ringan dalam jumlah banyak tentulah sebaiknya dihitung jumlah berat barangnya untuk ongkos pengirimnya bukan jumlah item yang dibeli.

Nah sudah tahukan cara aman berbelanja online, Selamat Berbelanja Yah..!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral