5 Jurusan Kuliah Di Bidang Komputer

Saat ini kuliah di bidang komputer merupakan idola bagi calon-calon mahasiswa di negeri ini. Selain nampak bergengsi, gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan untuk para lulusan bidang komputer tersebut. Namun kebanyakan dari para calon mahasiswa yang ingin kuliah di bidang komputer tidak mengetahui jurusan apa yang tepat untuk mereka masuki sesuai dengan minat dan bakatnya.

Kurikulum bidang komputer saat ini hampir seluruh dunia mengacu kepada Computing Curricula. Namun Indonesia hanya mengadaptasi dan bukan mengadopsi Computing Curricula, artinya bahwa tidak semua nama jurusan dan nama mata kuliah di Indonesia sama dengan apa yang ada di Computing Curricula.Computing Curricula memberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu: Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak).

Di Indonesia tidak semua kampus memiliki ke-5 jurusan tersebut, biasanya Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak berada di bawah Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.Semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan sama, hanya pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:

  1. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.
    ce
  2. Computer Science (CS) (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
    cs
  3. Information System (IS) (Jurusan Sistem Informasi) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.
    is
  4. Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.
    it
  5. Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).
    se

Semoga ini bisa dipahami dengan baik oleh para calon mahasiswa di bidang komputer. Tidak ada jurusan yang lebih baik dari satu dengan yang lainnya, semua bergantung kepada minat dan bakat yang dimiliki. Selamat menentukan jurusan yang Anda minati.

Sumber : romisatriawahono.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral