5 Hal Yang Perlu Diketahui Web Programmer

Pada tulisan ini akan dijelaskan 5 hal dasar yang harus diketahui oleh seorang yang berkeinginan untuk menjadi web programmer. Ke-5 hal tersebut adalah :

1. HTML dan CSS

Belajar Intensif HTML dan CSS

HyperText Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheet (CSS) merupakan hal paling mendasar yang perlu diketahui seseorang agar dapat membuat sebuah website. HTML bertugas untuk menyediakan struktur tampilan dan data yang akan ditampilkan. CSS bertugas untuk membuat struktur tampilan dari HTML agar terlihat lebih menarik. Menggunakan CSS memudahkan seorang pembuat website untuk merubah-rubah tampilan tersebut tanpa merubah struktur tampilan yang telah dibuat HTML.

2. JavaScript

Belajar Intensif JavaScriptSaat pertama kali muncul JavaScript hanya dapat berjalan pada browser Netscape, namun saat ini semua browser sudah dapat menjalankannya. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website menjadi lebih interaktif. Contoh penggunaan Javascript yang biasa ditemukan di website adalah menu interaktif, validasi form isian dan lain-lain. Bahkan saat ini JavaScript sudah sangat berkembang sehingga dapat digunakan untuk membuat game.

3. Structured Query Language

Belajar Intensif SQL di Pontianak

Sebuah website memerlukan sebuah database untuk menyimpan data.  Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan utnuk mengakses dan memanipulasi data yang tersimpan dalam sebuah database. Tanpa memahami mengenai SQL dengan baik maka seorang pembuat website akan kesulitan untuk melakukan perubahan terhadap data yang dimilikinya. SQL bertugas untuk membuat struktur database, mencari, menambah, mengedit dan menghapus data.

4. PHP

Belajar Intensif PHP di PontianakPHP merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang sangat populer. Website terkenal yang menggunakan bahasa pemrograman PHP di antaranya adalah Facebook, Yahoo, Wikipedia dan WordPress. Selain populer PHP juga tergolong mudah untuk dipelajari sehingga rata-rata bahasa pemrograman ini diajarkan di kampus yang mempunyai jurusan berbasis komputer.

5. PHP Framework

Belajar Intensif CodeIgniter di Pontianak

Setelah menguasai pemrograman PHP dengan baik, maka alangkah baiknya seorang web programmer menggunakan PHP Framework untuk membantu pekerjaannya. PHP Framework adalah sebuah kumpulan program yang telah disusun untuk memudahkan seorang pengembang website dalam bekerja. Contoh PHP Framework yang ada saat ini adalah CodeIgniter, CakePHP, Yii, Laravel dan lain lain.

Tertarik untuk mempelajarinya? Onestring Lab membuka training untuk ke 5 hal yang harus diketahui web programming, kunjungi laman traning Onestring Lab.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral