5 Hal Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Solusinya

Saat pertama kali menggunakan komputer yang baru beli di toko, biasanya komputer sangat handal dan cepat saat digunakan. Namun seiring berjalannya waktu maka performa dari komputer mulai dirasakan menurun, terkadang lambat saat membuka aplikasi atau bahkan komputer menjadi hang. Apa penyebabnya sehingga hal itu terjadi? Pada tulisan ini akan dibahas mengenai penyebab komputer lambat dan apa solusi yang bisa dilakukan pada sistem operasi Windows.

1. Terlalu Banyak Install Aplikasi

http://www.nairaland.com

Begitu banyaknya aplikasi yang beredar dipasaran membuat para pemilik komputer ingin mencoba aplikasi tersebut. Tanpa terasa aplikasi di komputernya menjadi banyak sekali, dengan banyaknya aplikasi maka membuat proses pencarian pada harddisk menjadi lambat, membesarnya file registry sampai dengan banyak icon yang  menggunakan memory dan CPU. Solusi : Hapus semua aplikasi yang dirasakan tidak berguna.

2. Ada Virus atau Malware

http://i.stack.imgur.com/QG7Ba.png

Selain merusak file yang ada di komputer Virus dan Malware juga merupakan penyebab menjadi lambatnya komputer yang Anda gunakan. Pastikan komputer yang Anda gunakan bebas virus, salah satu cara mengetahui komputer Anda terkena Virus atau Malware adalah dengan mengecek Task Manager dengan cara menekan  Ctrl+Shift+Escape. Jika kinerja CPU diatas 90% atau bahkan 100% secara terus menerus maka Anda harus curiga bahwa komputer sedang terjangkiti virus. Solusi : Hapus virus dengan menggunakan anti virus yang sesuai.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 5 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan SSD | Onestring Lab

Comments are closed.

Block AdBlock - Powered by Admiral