5 Hal Dasar Pembuatan Resume Kreatif

(Simak Ulasannya di Radio Volare,  Rabu, 31 Agustus 2016 Jam 16.00)

Sebuah resume atau daftar riwayat hidup biasanya di buat untuk melamar suatu pekerjaan. Resume merupakan suatu cara untuk memperkenalkan diri kepada orang lain. Apabila kita menulis resume dengan baik maka akan membuat pencari kerja ingin mengenal Anda lebih jauh.

Saat ini membuat sebuah resume yang baik saja tidak cukup, Anda harus membuat resume yang lebih kreatif sehingga resume Anda menarik perhatian calon penerima kerja. Kesan pertama yang baik merupakan tujuan utama dari pembuatan sebuah resume. Bila Anda mampu membuat pencari kerja berkata “Gila.. keren banget nih orang”. Ini membuat peluang Anda dipanggil wawancara akan besar.

Pada Artikel ini akan dibahas mengenai dasar-dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat resume yang kreatif

Perhatikan Pemilihan Huruf

Hanya ada 2 kategori jenis huruf di dunia saat ini yaitu Serif dan Sans Serif. Contoh jenis Serif adalah Times New Romans sedangkan Sans Serif adalah Arial.

Jenis hurus Serif jangan digunakan pada bagian isi dari resume Anda. Jenis huruf ini cenderung susah dibaca dan membuat resume tampak berantakan. Bila ingin menggunakan jenis huruf ini gunakan pada bagian judul dari resume Anda. Sedangkan jenis huruf Sans Serif dapat digunakan pada bagian isi ataupun judul.

Bila ingin mencari jenis-jenis huruf silahkan kunjungi Font Squirrel.

Pentingnya Keseragaman

Dalam membuat tata letak tampilan resume diperlukan keseragaman, sehingga antara CV, Surat Lamaran dan Portfolio tidak nampak seperti dibuat oleh tiga orang yang berbeda. Keseragaman tata letak tampilan adalah cara terbaik untuk meningkatkan nilai dari resume Anda. Contoh dari keseragaman adalah penggunaan besar dan jenis huruf pada sub judul sama pada semua bagian dari resume, sehingga besar dan jenis huruf pada bagian Pengalaman Kerja, Pendidikan dan Hobi sama semua.

Pentingnya Tata Letak

Hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan tata letak adalah :

  1. Tata Letak tidak membuat bingung yang membaca.
  2. Memanfaatkan pembagian kolom, baris dan jarak sehingga membuat pembaca lebih mudah.
  3. Membuatnya tetap simpel.

Membuat Resume Berkesan

Cara yang baik untuk memberikan kesan dari resume kepada pembaca adalah memasukan sifat-sifat pribadi dan minat kedalam  resume Anda. Contohnya Anda menuliskan judul resume  seperti ini: “Guru Yang Berdedikasi dan Telaten Dengan Keahlian Khusus Untuk Anak-anak Autis.

Keseimbangan Antara Kreatifitas dan Profesional

Anda harus ingat bahwa tujuan utama pembuat resume adalah bukan Anda mendapatkan pekerjaan. Tujuannya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan panggilan wawancara. Jadi pembuatan resume harus juga menonjolkan kemampuan yang Anda miliki.

Demikianlah penjelasan mengenai dasar-dasar pembuatan resume kreatif namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah Jujur. Ini merupakan hal terpenting dalam pembuatan resume yaitu kejujuran. Isi dari resume haruslah sebuah kenyataan. Ingat terkadang sebuah perusahaan menggunakan jasa ketiga perusahaan lain untuk merekrut karyawannya. Jika Anda ketahuan berbohong oleh perusahaan pihak ketiga ini maka peluang Anda untuk dipanggil pada lowongan pekerjaan berikutnya yang juga menggunakan jasa pihak ketiga yang sama akan tertutup. Jadi pastikan isi dari resume Anda adalah asli sesuai kenyataan.

Selamat mencoba!