5 Distribusi Linux Terpopuler

Tingkat popularitas distribusi Linux ditentukan dari jumlah kunjungan terhadap distribusi tersebut. Bila Anda belum mengetahui keunggulan sistem operasi berbasis Linux silahkan baca tautan berikut ini :

5 Hal Kenapa Menggunakan Linux?

Berdarsarkan situs distrowatch.com maka didapatkan urutan sebagai berikut :

Urutan Distribusi
1 Linux Mint
2 Debian
3 Ubuntu
4 openSUSE
5 Fedora

Berikut ini video yang perkenalan dari distribusi Linux tersebut :

Linux Mint

Linux Mint merupakan distro terbaik saat ini menurut distrowatch.com.  Permata kali diluncurkan pada tanggal 25 Agustus 2006 dengan nama kode ADA. Linux Mint versi terbaru diluncurkan setiap 6 bulan sekali, biasa 1 bulan setelah Ubuntu terbaru diluncurkan. Semua versi Linux Mint pada awal tahun merupakan versi Long Term Support. Linux Mint mengklaim bahwa merupakan OS terbanyak yang digunakan di setelah Windows dan Mac OS. Saat ini versi terbarunya adalah Linux Mint 17.2 dengan nama kode Rafaela. Linux tersedia untuk sistem 32 bit dan 64 bit dengan pilihan GUI Cinnamon dan Mate. Untuk penyediaan aplikasi versi GUI, Linux Mint memiliki Sypnatic Package Manager, sedangkan untuk versi command line tersedia apt package manager. Saat ini Linux Mint memiliki sekitar 30.000 paket aplikasi. Kebutuhan sistem untuk install Linux Mint adalah prosesor 700 Mhz, RAM  512 MB dan HDD 5 GB.

Debian

DebianDebian pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 Juni 1996 dengan nama kode “Buzz”. Setiap 2 tahun Debian meluncurkan versi terbaru, dimana setiap versi akan didukung selama 5 tahun. Saat ini versi terbarunya adalah Debian 8 dengan name kode ” Jessie”, yang diluncurkan pada tanggal 25 April 2015. Debian juga mendukung sistem 32 bit dan 64 bit. Untuk penyediaan aplikasi versi GUI, Debian memiliki Synaptic Package Manager, sedangkan untuk versi command line tersedia apt package manager. Total paket aplikasi yang dimiliki Debian sekitar 50.000 paket, ini merupakan paket terbanyak yang dimiliki oleh sebuah distro linux. Kebutuhan sistem untuk install Debian adalah prosesor 1 Ghz, RAM 128 MB dan HDD 2GB.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 5 Hal Kenapa Menggunakan Linux | Onestring Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral