5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya

Komputer yang baru dibeli biasanya sangat handal dan cepat saat digunakan. Namun seiring berjalannya waktu maka performa dari komputer mulai dirasakan menurun, terkadang lambat saat membuka aplikasi atau bahkan komputer menjadi hang. Berikut ini 5 cara jitu membuat komputer lebih cepat tanpa biaya.

Hapus File Atau Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Menghapus file yang sudah tidak diperlukan dapat mengatasi lambatnya komputer yang Anda gunakan. Periksa file yang berada di komputer Anda kemudian hapuslah bila dirasakan sudah tidak berguna lagi. Semakin kosong harddisk Anda maka kecepatan komputer Anda akan semakin bertambah.

5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya

Banyak memasang aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan dapat memperlambat komputer Anda. Oleh karena itu hapuslah aplikasi yang tidak digunakan. Gunakan aplikasi khusus untuk mendapatkan hasil uninstall yang lebih bersih.

Minimalkan Aplikasi Pada Startup

Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. D sarankan Anda untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.

5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya

Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

Pisahkan Data Dan Sistem

Partisi harddisk untuk memisahkan antara data sistem operasi dan data pribadi. Selain meningkatkan performansi komputer Anda juga bisa mengamankan data yang Anda miliki seandainya akan melakukan instalasi ulang sistem operasi.



Defrag Hardisk

5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya

Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

Perawatan Berkala

Lakukan perawatan berkala terhadap perangkat keras. Bersihkan komputer atau laptop dari debu yang biasa nempel di kipas komputer atau laptop. Dengan membersihkan debu pada kipas maka sirkulasi udara menjadi baik. Jika sirkulasi udara baik maka komputer tidak mudah panas. Panas dapat menyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.

Bila Anda mempunyai dana maka gantikan harddisk Anda dengan SSD. Mengenai kelebihan SSD bacalah artikel ini.

5 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan SSD

Semoga tips yang diberikan dapat meningkatkan performansi komputer Anda.

1 Comment on 5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya

  1. Oke, benar sekali tutorial ini. Cara membuat komputer lebih cepat. Mungkin selain perawatana dari dalam, kalo komputer kita udah jadul banget. Perlu juga kali yah di update. RAM nya ditambah sedikit, itu dapat mempercepat kerja komputer juga. Saya juga mempunyai beberapa Tips Meningkatkan Kinerja KOmputer kali aja bisa buat tambahan referensi teman – teman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral