5 Cara Berjualan Melalui Internet

Menjual barang melalui media internet saat ini sudah kebiasaan masyarakat saat ini. Sudah banyak kisah-kisah sukses orang yang menjual barang-barangnya di Internet. Dengan menjual barang di internet maka barang yang dijual akan dapat di lihat calon pembeli 24 jam penuh. Berikut ini media yang bisa digunakan untuk berjualan di Internet.

Menyebarkannya Pada Pengirim Pesan

1Para pengguna smartphone sudah pasti memiliki aplikasi pengirim pesan, misalnya seperti Whatsapp, Line, BBM dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi ini selain digunakan untuk melakukan pengiriman teks dapat juga mengirim gambar atau video. Nah fitur pengirim gambar dan video inilah yang bisa digunakan untuk mengirim promo barang yang akan dijual. Penggunaan pengirim pesan untuk media penjualan sangat cocok digunakan oleh penjual pemula.

Penggunaan aplikasi pengirim pesan ini dapat melakukan pengirim secara masal, sehingga dengan satu kali kirim akan diterima oleh banyak pengguna aplikasi tersebut. Namun penerima aplikasi ini memang hanya terbatas hanya orang yang memang kita kenal saja. Penjualan dengan media aplikasi pengirim pesan memang sangat mudah terutama bagi orang yang baru mengenal internet atau smartphone.

Bergabung di  Media Sosial

2

Jika sudah dirasakan area penjualan perlu diperluas maka media sosial di internet merupakan tahap yang bisa jajaki. Promosi di media sosial memiliki area yang luas dibandingkan promosi di aplikasi pengirim pesan. Bila di aplikasi pengirim pesan hanya terbatas orang-orang yang dikenal namun di media sosial orang yang tidak dikenal pun dapat melihat barang yang dipromosikan.

Untuk dapat berjualan di media sosial hal yang pertama dilakukan adalah membuat akun di media sosial tersebut. Untuk dapat membuat akun di media sosial maka yang diperlukan adalah e-mail. Jadi bila belum memiliki email maka buat email terlebih dahulu.

Pada media sosial pelajari fitur yang disediakan untuk berjualan. Beberapa media sosial terkadang memang menyediakan fitur untuk berjualan. Pada facebook ada fitur group yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Anda bisa membuat group sendiri atau bergabung dengan group lain untuk berjualan. Jika bergabung dengan group yang sudah ada, pilihkan group yang memiliki anggota yang banyak sehingga promo barang jualan dapat dilihat oleh banyak orang.

Cari Pembeli di Forum Internet

jualan-di-internet

Dalam wikipedia Forum (Forum Internet) diartikan sebagai fasilitas yang ada di internet dimana pengunanya bisa saling berdiskusi.Forum juga lebih bisa bersifat global, namun bisa juga lebih spesifik mengenai hal tertentu saja. Contoh Forum Internet di Indonesia adalah Kaskus, Indowebster, FotograferAdsense Indonesia dan lain-lain.

Forum internet dapat dimafaatkan untuk berjualan. Keuntungan berjuaan di forum internet adalah penjual sudah mengetahui kebutuhan dari calon pembeli yang merupakan anggota forum tersebut. Misalkan pada forum Fotografer tentu saja hal-hal yang dibutuhkan oleh para anggota forum tersebut adalah kamera, lensa, tripod atau berbagai aksesoris yang dibutuhkan. Untuk Anda yang berjualan barang-barang yang spesifik jenisnya sangat cocok berjualan di forum internet.

Pengetahuan mengenai produk sangat diperlukan bila berjualan di forum internet dikarenakan calon pembeli adalah orang yang mengerti mengenai produk yang akan dibeli. Jadi siapkan diri mengenai pengetahuan produk yang akan dijual atau Anda akan nampak seperti orang bodoh di mata anggota forum lainnya.

Jualan di Marketplace yang Terkenal

4

Marketplace adalah suatu tempat di internet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli, ada yang ingin membeli suatu barang dan ada pihak lain yang sedang ingin menjual barang. Secara sederhana marketplace adalah layaknya sebuah tempat makan pujasera (food court). Pada pujasera terdapat beberapa penjual yang tidak terkait satu dengan yang lain namun proses transaksi diatur oleh pengelola lokasi pujasera, biasanya pujasera hanya memiliki 1 kasir untuk proses pembayaran.

Marketplace memiliki penjual yang banyak dan tidak ada kaitanya antara penjual yang satu dengan yang lainnya. Namun untuk proses transaksi antara penjual dan pembeli diatur oleh pengelola marketplace tersebut. Contoh market place di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, OLX Indonesia dan lain-lain.

Silahkan Anda pelajari mekanisme penjualan di marketplace. Paling mudah untuk memilih marketplace mana yang baik adalah dengan melihat jumlah pengunjung, penjual dan transaksi yang terjadi pada marketplace tersebut. Semakin tinggi ketiga parameter tersebut maka semakin baik marketplace tersebut.

Membuat Toko Online Sendiri

5

Memiliki toko online sendiri merupakan impian bagi semua penjual di internet. Secara ideal orang yang memiliki toko online sendiri artinya bisnis perdagangannya sudah pada tahap stabil dan mapan. Perbedaan dengan marketplace adalah pada toko online pedagangnya cuman 1 saja, biasanya sudah berbentuk badan usaha. Contoh toko online di Indonesia Bhinneka, Toko Buku Gramedia, Lazada dan lain-lain.

Nah, sudah mengertikan media internet apa saja yang bisa digunakan untuk berjualan. Bila ada komentar dan saran silahkan tulis dibawah ini.

2 Comments on 5 Cara Berjualan Melalui Internet

    • Jawaban simple aja nih 😀
      Keuntungan : Kita gak perlu punya toko beneran cukup stok barang aja.
      Kerugian : Kalo kita gak hati-hati bisa kena tipu pembeli :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral