5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Aplikasi Bajakan

(Simak Ulasannya di Radio Volare,  Rabu, 14 September 2016 Jam 16.00)

Menggunakan aplikasi bajakan di Indonesia sudah merupakan sebuah kelaziman. Pembajakan aplikasi memang sudah sangat membudaya di negeri ini. Penggunaan aplikasi bajakan bukan handa terjadi di Indonesia namun terjadi di seluruh dunia. Menurut sebuah artikel yang berjudul “Top 20 Countries for Software Piracy and License Misuse“, menunjukkan bahwa pembajakan aplikasi tidak terjadi hanya pada negara berkembang. Terlihat pada artikel tersebut negara-negara maju juga melakukan pembajakan.

Pembajakan begitu membudaya namun bukan berarti kita harus mengikutinya, kalo bisa tidak membajak kenapa mesti membajak. Berikut ini merupakan 5 alaskan kenapa kita harus tinggalkan penggunaan aplikasi bajakan.

Banyak Aplikasi Gratis

 

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi gratis yang bisa menggantikan aplikasi yang berbayar. Memang aplikasi gratis terkadang memiliki fitur yang tidak selengkap dibandingkan dengan aplikasi yang berbayar. Namun sebenarnya sudah cukup memadai untuk penggunaan yang level dasar sampai menengah. Berikut beberapa padanan aplikasi berbayar dan gratis.

Berbayar Gratis
Microsoft Windows Linux (Ubuntu)
Microsoft Office Libre Office
Adobe Photoshop GIMP
Corel Draw Ink Scape

Masih banyak lagi padanan aplikasi berbayar dengan gratis, silahkan dieksplorasi lebih lanjut.

Beli Sekali Gunakan Selamanya

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Aplikasi merupakan sesuatu benda yang jika sudah dibeli maka akan dapat digunakan selamanya dan tidak akan rusak. Aplikasi tidak seperti barang elektronik yang bisa rusak komponen karena proses pemakaian. Bahkan ada perusahaan yang terus menawarkan pembaruan yang dilakukan pada aplikasi secara gratis kepada pembeli aplikasi mereka. Bahkan perusahaan sebesar Apple sudah menggratiskan pembaruan sistem operasi yang mereka miliki. Para pengguna Mac OS tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk memperbaharui sistem operasi yang digunakan. Seperti yang kita ketahui juga bahwa Microsoft juga melakukan hal yang sama, yaitu pengguna Windows 7 bisa memperoleh Windows 10 dengan gratis.

Harga Sudah Murah

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Saat ini membeli aplikasi secara resmi bukanlah sesuatu yang mahal. Mari kita lihat ilustrasi  pembelian aplikasi Microsoft Office. Harga Microsoft Office untuk 5 orang pengguna pertahunnya adalah Rp. 1.199.999,-. Maka setiap pengguna hanya membayar sekitar Rp. 240.000/tahun. Jika dibagi setiap bulannya maka hanya membayar Rp. 20.000,-/bulan. Lihat sudah murah bukan? Tidak hanya Microsoft Office yang sudah terjangkau harganya namun Adobe Photoshop pun sudah terjangkau harganya saat ini.

Jaminan Keamanan

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Dengan menggunakan aplikasi secara resmi maka kita akan terbebas dari ancaman malware, virus, trojan dan berbagai serangan cyber lainnya. Serangan ini tentu berbahaya untuk data yang ada di komputer yang digunakan.

Hidup Lebih Tenang

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Membajak adalah mencuri. Sebuah perbuatan kejahatan akan membuat orang merasa tidak tenang dalam hidupnya. Walau penggunaan aplikasi bajakan sudah membudaya namun di kalangan orang-orang yang ingin meluruskan hidupnya tentu kegiatan ini sedikit banyak mengurangi ketenangan hatinya.

Berikut ini hal yang membuat hati Anda tidak tenang. Kalo Anda menggunakan aplikasi bajakan di laptop kemudian membawanya ke luar negeri maka berhati-hatilah karena terkadang di bandara tertentu secara acak dilakukan pemeriksaan terhadap aplikasi pada laptop Anda. Jangan sampai Anda mendapatkan masalah gara-gara aplikasi bajakan.

Kalo Bisa Resmi Kenapa Membajak?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*