5 Alasan Kenapa Laravel Menjadi Sangat Populer

Apa itu Laravel?

Sebagai framework dari PHP, Laravel adalah open source web development platform. Yang membedakannya dengan framework yang lainnya adalah sintaks-nya ekspresif dan elegan. Laravel dirancang untuk memudahkan dan mempercepat proses pengembangan web. Framework ini memiliki dukungan komunitas pengembang yang dinamis dan fitur canggih juga.

Tingkat Kepopuleran Framework PHP

Berikut ini 5 alasan kenapa Laravel menjadi framework PHP terpopuler saat ini.

Tutorial Yang Sangat Membantu (Laracasts)

Proses pembelajaran adalah hal terpenting bagi seorang programmer dalam mempelajari sesuatu yang baru. Laravel memiliki media pembelajaran yang di sebut dengan Laracasts. Laracasts yang menampilkan gabungan tutorial video gratis dan berbayar yang menunjukkan kepada para programmer bagaimana cara menggunakan Laravel. Semua video dibuat oleh Jeffery Way, seorang instruktur yang ahli dan berpengalaman. Laracasts menawarkan instruksi yang jelas dan ringkas. Laravel juga memiliki dokumentasi yang lengkap sehingga Laravel telah menjadi framework favorit bagi pengembang web PHP.

Framework PHP yang Sangat Efisien

Laravel adalah framework aplikasi web kontemporer, open source dan digunakan secara luas untuk perancangan aplikasi web yang cepat dan mudah. Dibangun pada tahun 2011, framework Laravel relatif baru namun sudah membuktikan kemampuannya untuk pengembangan aplikasi web berskala besar. Laravel juga mendukung konsep MVC (Model View Controller).

Memiliki Generator Template Sendiri.

Laravel memiliki generator template sendiri yang diberi nama “Blade”. Hal ini memungkinkan para programmer menulis kode PHP polos dalam template. Pada intinya hal ini menyiratkan bahwa tidak ada implikasi overhead kinerja dalam aplikasi.
Blade mudah digunakan dan merupakan generator template paling hebat yang ada di kalangan Framework PHP. Pengaturan tata letak dari blade mendukung setiap bagian pada template dan dapat menggunakan konsep inheritance.



 

Modular Packaging System (MPS)

Laravel dilengkapi dengan utilitas pemrograman untuk membantu proses pengembangan aplikasi web dan juga moderasi dengan cara terbaik. Ini dikemas dengan Modular Packaging System (MPS) dengan pengaturan ketergantungan yang lengkap. Laravel telah dibangun lebih dari 20 library yang berbeda dan dipecah menjadi modul tersendiri. Hal ini telah mengadopsi prinsip-prinsip PHP modern, yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi web yang modular, responsif, dan mudah digunakan.

Migrasi Database

Salah satu yang  tersulit bagi para programmer adalah menjaga agar database tetap sinkron antara mesin pengembang yang digunakan. Dengan migrasi database Laravel, proses sinkronisasi menjadi sangat mudah. Setelah bekerja berjam-jam, programmer mungkin telah membuat banyak perubahan pada database dan, menurut penilaian kami, MySQL Workbench bukanlah cara yang bagus untuk menyinkronkan database antara mesin pengembang. Dengan konsep migrasi database Laravel programmer dapat dengan mudah memindahkan perubahan ke mesin pengembang lain yang dimiliki. Ini adalah satu lagi alasan yang membuat Laravel menjadi framework PHP terbaik.

Tertarik menggunakan Laravel? Silahkan kunjungi web resminya Laravel.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cuman 2 Langkah Untuk Instalasi Laravel | Onestring Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral