5 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan SSD

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul 5 Hal Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Solusinya, pada poin ke-5 terdapat penyebab lambatnya komputer adalah permasalahan pada harddisk. Saat ini ada teknologi media penyimpanan yang di sebut Solid State Drives (SSD). Apa saja kelebihan SSD dibandingkan HDD, mari simak penjelasannya :

1. No Moving Parts

No Moving Parts

SSD sama sekali tidak memiliki bagian yang bergerak pada komponennya sehingga dapat menghindari kerusakan pada mekanik. Dikarenakan tidak ada bagian yang bergerak maka SSD tidak mengeluarkan suara saat proses.

2. Sangat Cepat

hard-drives-vs-ssds-storage-technology-demystified-14-1024

SSD memiliki kecepatan membaca 500MB/s, Desktop HDD 200MB/s sedangkan HDD Laptop mempunyai kecepatan sekitar 125MB/s. Sedangkan untuk Input/Output Operations per second (IOPS), SSD mempunyai kecepatan 100.000 IOPS, Desktop HDD 300 IOPS sedangkan HDD Laptop mempunyai kecepatan sekitar 100 IOPS.

hard-drives-vs-ssds-storage-technology-demystified-21-1024

3. More Reliable

hard-drives-vs-ssds-storage-technology-demystified-24-1024

SSD memiliki ketahanan terhadap guncangan bahkan jatuh sekalipun. Para produsen SSD rata-rata memberi garansi 3-4 tahun, sedangkan produsen HDD rata-rata memberi garansi terhadap produknya hanya 1-2 tahun saja.

4. Hemat Energi

hard-drives-vs-ssds-storage-technology-demystified-25-1024

SSD lebih hemat dalam pemakaian energi yaitu sekitar 2-4 watt, sehingga bisa menambah waktu pemakaian baterai laptop sekitar 30 menit. SSD lebih dingin dibandingkan dengan HDD, jika suhu HDD mencapai 34-44 derajat C maka SSD suhunya sekitar 26-30 derajat C.

5. Lebih Ringan

hard-drives-vs-ssds-storage-technology-demystified-27-1024

SSD lebih ringan dari HDD sehingga tentu saja membuat laptop Anda menjadi lebih ringan.

Menarik sekali bukan kemampuan dari SSD? Nah saatnya Anda meningkatkan performa komputer Anda. Cek harganya di toko komputer terdekat!

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. 5 Cara Jitu Membuat Komputer Lebih Cepat Tanpa Biaya | Onestring Lab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Block AdBlock - Powered by Admiral